Penulis Utama : Ahmad Rijal Arif Fathoni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I 0115011
Tahun : 2020
Judul : Kajian Kuat Tarik Belah Dan Modulus Of Rupture Pada Beton Ringan Memadat Mandiri Menggunakan Agregat Kasar Pecahan Genteng Dengan Variasi Kadar Viscocrete
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik.Jur. Teknik Sipil, I 0115011 - 2020
Subyek : KONSTRUKSI BETON
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Ahmad Rijal Arif Fathoni, 2020, Kajian Kuat Tarik Belah dan Modulus of Rupture Pada Beton Ringan Memadat Mandiri Menggunakan Agregat Kasar Pecahan Genteng dengan Variasi Kadar Viscocrete, Tugas Akhir Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Belakangan ini, dunia konstruksi mengalami banyak perkembangan salah satunya adalah beton ringan memadat mandiri (Light-weight Self Compacting Concrete). Beton ini terbuat dari agregat ringan yang mampu memadat mandiri tanpa bantuan alat penggetar (vibrator). Agregat ringan alami yaitu agregat yang diperoleh dari bahan-bahan alami seperti batu apung, skoria, atau tufa dan agregat buatan adalah agregat yang dibuat melalui proses pemanasan bahan-bahan seperti tanah liat, abu terang, abu sabak, dan batu lempung. Untuk meningkatkan workability pada beton ringan maka digunakan penambahan admixture viscocrete sehingga diharapkan beton segar mudah mengalir dan melakukan pemadatan mandiri.

Pada penelitian ini, kadar viscocrete dapat memengaruhi nilai kuat tarik belah dan modulus of rupture. Kadar viscocrete yang digunakan ialah 1,5% ; 1,75% ; 2% ; dan 2,25?ri berat semen. Benda uji yang digunakan pada pengujian kuat tarik belah adalah silinder berukuran diameter 15 cm dan tinggi 30 cm. Pada pengujian modulus of rupture benda uji yang digunakan berupa balok berukuran 40 cm x 10 cm x 10 cm. Pengujian kuat tarik belah dilakukan dengan menggunakan Compressing Testing Machine (CTM). Pengujian modulus of rupture dilakukan dengan menggunakan Universal Testing Machine (UTM). Pengujian dilakukan dengan memberikan beban sampai benda uji mengalami keruntuhan.

Penelitian ini menunjukan bahwa viscocrete dapat menigkatkan workabilitas pada beton segar, nilai kuat tarik belah dan modulus of rupture. Nilai kuat tarik belah dan modulus of rupture mengalami peningkatan seiring penambahan kadar viscocrete. Nilai kuat tarik belah pada kadar viscocrete 1,5%; 1,75%; 2,0%; 2,25?ri berat semen dengan nilai berturut-turut adalah 2,5465 MPa; 3,0180 MPa; 3,2067 MPa; dan 3,0180 MPa. Nilai modulus of rupture pada kadar viscocrete 1,5%; 1,75%; 2,0%; 2,25?ri berat semen dengan nilai berturut-turut adalah 4,5895 MPa; 5,0014 MPa; 5,6781 MPa; dan 5,5015 MPa.

Kata Kunci: agregat ringan, beton ringan memadat mandiri, kuat tarik belah, modulus of rupture, viscocrete, workabilitas

 

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
1. HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Antonius Mediyanto, M.T,
2. Wibowo, S.T., DEA
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik