Penulis Utama : Anggit Angga Sukma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I 0114011
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Diameter Pada Uji Model Skala Kecil Kolom Pasir Sebagai Drainase Vertikal Dua Arah Influence of Diameters in Small Scale Model of Sand Column as Two- way Vertical Drain
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik.Jur. Teknik Sipil, I 0114011 - 2020
Subyek : DRAINASE
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK


Anggit Angga Sukma, 2020. Pengaruh Diameter pada Uji Model Skala Kecil Kolom Pasir Sebagai Drainase Vertikal Dua Arah, Skripsi, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Tanah merupakan salah satu faktor penting pada proses pelaksanaan konstruksi, namun demikian pada kondisi tertentu, tanah sering menimbulkan berbagai permasalahan. Salah satu permasalahan yang sering muncul adalah pekerjaan timbunan yang memerlukan banyak waktu untuk menunggu proses penurunan tanah. Metode yang sering digunakan untuk mengatasi permasalahan timbunan yaitu dengan menggunakan drainase vertikal dua arah dengan tujuan mempercepat proses konsolidasi. Prinsip penggunaan drainase vertikal ini adalah dengan terbentuknya saluran drainase dua arah yaitu vertikal dan horizontal sehingga diperoleh lintasan aliran air dalam tanah. Penelitian dilakukan untuk mengamati perilaku penambahan kolom pasir sebagai drainase vertikal yang dilihat dari besar penurunan per hari maupun penurunan akumulatif selama 28 hari dengan variasi diameter 40 mm pola pemodelan segi empat dan diameter 60 mm pola pemodelan segi empat, serta model tanpa drainase vertikal. Penurunan paling cepat terjadi pada pemodelan dengan diameter 60 mm yaitu lebih besar 64?ri pemodelan tanpa drainase vertikal dan 24% lebih cepat dari pemodelan dengan diameter 40 mm. Penurunan permukaan tanah diiringi dengan berkurangnya kadar air pada tanah dan meningkatnya kadar air pada pasir. Hasil uji konsolidasi memperlihatkan nilai indeks pemampatan (Cc) dan koefisin konsolidasi (Cv). Pemodelan tanpa drainase vertikal memiliki nilai Cv 0,049 cm2/detik dan Cc 0,728, pemodelan dengan variasi diameter 40 mm memiliki Cv 0,051 cm2/detik dan Cc 0,810, dan pemodelan dengan variasi 60 mm memiliki Cv 0,054 cm2/detik dan Cc 0,756. Penambahan drainase vertikal kolom pasir dapat mempercepat proses penurunan tanah lunak, dan menggunakan variasi diameter 60 mm dapat memberikan kinerja yang efektif.

Kata kunci : drainase vertikal, diameter, kolom pasir, dua arah

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Bambang Setiawan, S.T., M.T
2. Dr. Niken Silmi Surjandari, S.T., M.T.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik