Penulis Utama : Maria Devi Arianti
NIM / NIP : S501008014
×

Abstrak

Pendahuluan: Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dengue. Sampai saat ini, infeksi virus Dengue tetap menjadi masalah kesehatan di Indonesia. Hal-hal yang menyebabkan masalah dalam kasus DBD adalah angka kematian yang tinggi, penyebaran penyakit yang mudah meluas dan terutama menyerang anak-anak. Penanganan pasien DBD menghabiskan waktu rawat inap yang lama dan biaya yang relatif besar.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional di RSUD Dr. Moewardi Surakarta berdasarkan data rekam medis. Sampel berjumlah 32 dan pemilihan sampel dengan purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah usia, jenis kelamin, jumlah trombosit, nilai hematokrit,dan  jumlah leukosit. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah lama rawat inap. Data diperoleh dari rekam medis. Data diuji dengan uji chi kuadrat. Kemudian untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi demam berdarah dengue pada lama rawat inap, dilakukan analisis bivariat dengan chikuadrat, fisher, atau kolmogorovsmirnov dilanjutkan dengan analisis multivariatregresi logistik.
Hasil: Usia pasien DBD dari 1 tahun sampai dengan 53 tahun dengan rata-rata usia 20,07 +13,45 tahun. Jenis kelamin pasien mayoritas perempuan yaitu ada 15 pasien, trombosit pasien dengan kadar minimal 25 dan maksimal 308 rata-rata trombosit 94.86+67.97. Hematrokit pasien dengan kadar minimal 28 dan maksimal 54 rata-rata hematokrit 40.69+6.59. Leukosit pasien dengan kadar minimal 1,6 dan maksimal 10,8, rata-rata leukosit 5,50 + 2,95. lama rawat pasien dengan paling cepat 3 hari dan paling lama 11 hari, rata-rata lama rawat 5,21+1,90 hari. Hasil  analisis multivariat tidak menunjukan hubungan yang signifikan (p>0,05) antara usia, jenis kelamin, trombosit, hematokrit, leukosit terhadap lama rawat.
Kesimpulan: tidak ada hubungan yang signifikan antara usia, jenis kelamin, jumlah trombosit, nilai hematokrit, jumlah leukosit dengan lama rawat inap.

Kata kunci: DBD, lama rawat inap, jumlah trombosit, nilai hematokrit, jumlah leukosit

 

×
Penulis Utama : Maria Devi Arianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S501008014
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Usia, Jenis Kelamin, Parameter Laboratorium Demam Berdarah Dengue dengan Lama Rawat Inap
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Biomedik
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Kedokteran Keluarga - S501008014 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof.Dr.dr., J. Prijambodo, MS., SpMK.
2. Dr. Hari Wujoso, dr., SpF., MM.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.