Penulis Utama : Luths Maharina
NIM / NIP : S211708002
×

Abstrak

Kanker paru memiliki hubungan dengan resiko dan penyakit kardiovaskuler, terutama penyakit jantung koroner. Namun di Indonesia belum ada penelitian yang mempelajari tentang hubungan signifikan antara kanker paru dengan penyakit jantung koroner. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara kalsifikasi pada arteri koronaria berdasarkan hasil pemeriksaan CT-Scan toraks dengan kejadian penyakit jantung koroner pada pasien kanker paru
Metode: Penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional dilakukan pada pasien kanker paru yang telah menjalani CT scan toraks kontras di Departemen Radiologi RSUD Dr. Moewardi mulai bulan Juli 2019 hingga Maret 2020. Pasien kanker paru yang telah menjalani CT scan toraks dengan kontras dilakukan pemilahan menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi.
Hasil: Terdapat 40 subjek pasien dalam penelitian ini. Uji reliabilitas instrument CT-Scan yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji Kappa-Cohen menunjukkan nilai K 0,678 dengan p 0,002. Analisis univariat menunjukkan hubungan yang bermakna secara statistik (p<0>Kesimpulan: Terdapat hubungan bermakna secara statistik antara temuan kalsifikasi arteri koronaria berdasarkan pemeriksaan CT-Scan dengan diagnosis penyakit jantung koroner pada pasien kanker paru.

Kata kunci: kalsifikasi arteri koronaria, CT scan toraks kontras, kanker paru, penyakit jantung koroner

 

×
Penulis Utama : Luths Maharina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S211708002
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Kalsifikasi Arteri Koroner Dengan Penyakit Jantung Koroner pada Pasien Kanker Paru
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : PPDS Radiologi
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi PPDS Radiologi - S211708002 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Sulistyani Kusumaningrum, MSc, Sp.Rad (K)
2. Dr. dr. Hari Wujoso, Sp.F, MM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.