Penulis Utama : Taufiq Nur Hariadi
NIM / NIP : S301802002
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah meneliti sistem kapitasi di fasilitas kesehatan tingkat pertama dalam perspektif keadilan.  Penerapan sistem kapitasi di Indonesia sudah di lakukan sejak 2014 yang dimaksud sistem kapitasi disini adalah besaran pembayaran perbulan yang harus dibayarkan oleh jaminan kesehatan ke fasilitas kesehatan tingkat pertama yang berasal dari pengelolaan dan pengembangan dana iuran peserta jaminan kesehatan nasional.
Metode penelitian  yang digunakan adalah normatif-empiris dengan pendekatan undang-undang (statute approach ) dan pendekatan kasus (case approach). Penelitian ini dimulai dengan dilakukannya pemeriksaan dengan data yang terkumpul. Data primer (Undang-Undang ) dan sekunder  (buku-buku dan tulisan) serta wawancara beberapa pihak sehingga dapat ditarik kesimpulan dan diharapkan dapat menjawab permasalahan dalam penelitian ini.
Prosedur pelayanan jaminan kesehatan nasional pintu pertama dilakukan oleh fasilitas kesehatan tingkat pertama yang akan dilanjutkan ke fasilitas kesehatan tingkat rujuk, dengan pembagian kapitasi yang secara adil yaitu dengan batasan minimal jumlah peserta pada setiap FKTP agar pengendalian pemanfaatan dana kapitasi berjalan baik kemudian menerapkan konsep kesehatan yang berhasil di beberapa negara.

Kata Kunci : Sistem Kapitasi, Fasililtas Kesehatan, Keadilan

 

×
Penulis Utama : Taufiq Nur Hariadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S301802002
Tahun : 2020
Judul : Sistem Kapitasi pada Jaminan Kesehatan Nasional Bagi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Dalam Perspektif Keadilan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Ilmu Hukum (Hukum Kesehatan)
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Ilmu Hukum - S301802002 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Isharyanto, S.H., M.Hum.
2. Dr.Hari Purwadi, S.H., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.