Penulis Utama : Yusnardhi Indra Pradata
NIM / NIP : S421708016
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh pendapatan terhadap tabungan masyarakat; (2) pengaruh bunga tabungan terhadap tabungan masyarakat; (3) pengaruh tabungan terhadap penyaluran pinjaman masyarakat (4) pengaruh bunga pinjaman terhadap penyaluran pinjaman masyarakat; (5) pengaruh dana luar terhadap penyaluran pinjaman masyarakat; (6) pengaruh penyaluran pinjaman terhadap inflasi; (7) pengaruh budget deficit terhadap inflasi; (8) teori yang tepat diterapkan guna meningkatkan penerimaan tabungan dan penyaluran pinjaman masyarakat Kabupaten Ngawi.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah data perkembangan antar waktu tentang jumlah tabungan dan pinjaman masyarakat, penetapan tingkat suku bunga tabungan dan pinjaman rata-rata pertahun, dana luar, budget deficit, pendapatan, dan inflasi di Kabupaten Ngawi selama tahun 2010-2018. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dalam bentuk log-linear.
Hasil penelitian menemukan bahwa : (1) Pendapatan tidak memberi dampak nyata terhadap tabungan masyarakat Kabupaten Ngawi. (2) Penetapan bunga tabungan kurang mendukung penerimaan tabungan masyarakat Kabupaten Ngawi pada BRI dan Bank Jatim. (3) Tabungan mampu meningkatkan pinjaman masyarakat Kabupaten Ngawi. (4) Kebijakan penetapan bunga pinjaman yang dilakukan pada BRI dan Bank Jatim kurang mampu memberi dampak nyata terhadap penyaluran pinjaman masyarakat Kabupaten Ngawi. (5) Dana luar mampu mendorong pemenuhan penyaluran pinjaman masyarakat Kabupaten Ngawi. (6) Penyaluran pinjaman masyarakat kurang memberi dampak nyata terhadap terjadinya inflasi di Kabupaten Ngawi. (7) Budget deficit atau defisit anggaran bukan determinan yang mendorong terjadinya inflasi di Kabupaten Ngawi. Budget deficit didanai APBN sehingga dapat menekan terjadinya inflasi. (8) Bunga tabungan dan bunga pinjaman kurang dapat digunakan untuk meningkatkan tabungan dan pinjaman masyarakat Kabupaten Ngawi. Hal ini menunjukkan bahwa teori yang tepat diterapkan guna meningkatkan penerimaan tabungan dan penyaluran pinjaman masyarakat Kabupaten Ngawi adalah teory Keynes.

Kata Kunci : Tabungan, Pinjaman, Bunga Tabungan, Bunga Pinjaman, Dana Luar, Budget Deficit, Pendapatan, Dan Inflasi, Teori Keynes, Teori Klasik.

 

×
Penulis Utama : Yusnardhi Indra Pradata
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S421708016
Tahun : 2020
Judul : Determinan Simpanan dan Pinjaman Sektor Perbankan Masyarakat di Kabupaten Ngawi Tahun 2010 – 2018 Suatu Pendekatan Makro Ekonomi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Ekonomi dan Studi Pembangunan - S421708016 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. J. J. Sarungu M.S.
2. Dr. A. Suryantoro, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.