Penulis Utama : Dwi Setyarini
NIM / NIP : S531708017
×

Abstrak

Pendahuluan : Skizofrenia adalah gangguan psikotik yaitu gangguan otak yang melibatkan gangguan neuropsikologis. Salah satu gejala klinis skizofrenia adalah gangguan kecemasan. Peningkatan gejala kecemasan pada penderita skizofrenia signifikan meningkatkan risiko kekambuhan, bunuh diri serta mengganggu fungsi sosial dan kualitas hidup. Salah satu terapi non farmakologi yang dapat menurunkan tingkat kecemasan adalah pemberian buah pisang. Penelitian sebelumnya menyebutkan ada pengaruh positif asupan buah pisang terhadap penurunan intensitas kecemasan. Buah pisang memiliki kandungan gizi yang potensial untuk otak terutama berkaitan dengan kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh durasi dan jumlah pemberian pisang ambon terhadap penurunan tingkat kecemasan pada penderita skizofrenia dewasa.
Metode : Penelitian eksperimen pretest-post test control group design ini dilakukan pada penderita skizofrenia yang dirawat di Rumah Sakit Marzoeki Mahdi Bogor pada bulan Mei-Juli 2019. Subjek penelitian sebanyak 60 orang, dipilih berdasarkan kriteria inklusi dan ekslusi. Subjek yang memenuhi syarat ditunjuk dan secara random dibagi menjadi 5 kelompok : (1) kelompok kontrol (2) pasien baru 2 buah pisang/hari (3) pasien baru 3 buah pisang/hari, (4) pasien lama 2 buah pisang/hari (5) pasien lama 3 buah pisang/hari. Masing-masing kelompok berjumlah 12 orang. Pemberian buah pisang ambon selama 7 hari dan dilanjutkan sampai 14 hari. Tingkat kecemasan diukur menggunakan kuesioner Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). Data dianalisis menggunakan One Way Anova dan Regresi Logistik.
Hasil : Ada pengaruh intervensi pemberian buah pisang dalam menurunkan skor tingkat kecemasan pada pasien skizofrenia dewasa. Intervensi pemberian buah pisang menurunkan skor tingkat kecemasan sebesar  1,821 unit skor (p=0,020). Uji lanjutan menunjukkan ada perbedaan yang signifikan skor tingkat kecemasan antara kelompok intervensi pemberian pisang dibandingkan kelompok kontrol  (p<0>Kesimpulan : Ada pengaruh yang signifikan pemberian buah pisang selama 7 hari dan 14 hari dalam menurunkan tingkat kecemasan pada pasien skizofrenia dewasa.

Kata Kunci : Pisang Ambon, Tingkat Kecemasan, Skizofrenia, Dewasa

 

×
Penulis Utama : Dwi Setyarini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S531708017
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Durasi dan Jumlah Pemberian Pisang Ambon (Musa Paradisiaca, Sp) Terhadap Tingkat Kecemasan pada Pasien Skizofrenia Dewasa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Ilmu Gizi
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Ilmu Gizi - S531708017 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Santoso, dr., MS, Sp.OK
2. Brian Wasita, dr., Ph.D., Sp.PA.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.