Penulis Utama : Cesarioni Anggra Septa Rajasya Effendi
NIM / NIP : C0716017
×

ABSTRAK

Plastik merupakan suatu material yang tersusun dari molekul yang bernama polymer. Sebagian besar plastik tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme dan hanya akan terpecah oleh sinar UV yang kemudian akan menjadi mikroplastik. Dengan demikian, sampah plastik akan terus menumpuk tanpa bisa terurai sehingga menyebabkan polusi plastik. Polusi plastik di Indonesia sudah mencapai tahap yang sangat mengkhawatirkan. Pada tahun 2015 Indonesia merupakan negara penyumbang sampah plastik ke laut terbesar ke-2 di dunia. Plastik di laut ini pun menyebabkan berbagai masalah bagi hewan hewan laut, dalam beberapa kesempatan bahkan dapat menyebabkan kematian. Metode riset yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan wawancara dan studi literatur.Perancangan animasi infografis dipilih karena di dalamnya terdapat unsur visual yang menarik dan unsur suara yang memperkuat penyampaian pesan. Desain asset yang digunakan merupakan desain yang simpel dengan berbagai wana yang unik dan menarik. Perancangan Animasi infografis tentang pengurangan penggunaan plastik sebagai upaya untuk menanggulangi limbah plastik dengan headline “minim plastik, perbaiki bumi” ini dimaksudkan sebagai media edukasi dan pengingat kembali bagi target audience bahwa untuk menuju lingkungan yang baik dapat dimulai dari diri sendiri dan dengan melakukan hal- hal yang sederhana. Di dalam animasi infografis inipun terdapat informasi mengenai apa saja yang dapat terjadi jika polusi plastik ini terus menerus dibiarkan serta bagaimana cara mudah dan sederhana yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.


Kata kunci: Animasi Infografis, Polusi Plastik, Limbah Plastik

ABSTRACT

Plastic is a material that mainly composed by molecule called polymer. Most types of plastic can not be degraded by microorganism and can only be crumbled by the constant exposure to UV lights which then will turned into microplastics. Therefore, Plastic waste will keep piling without a chance to be degraded which then will cause plastic pollution. Plastic Pollution in Indonesia has reached a very critical and concerning state. In the year 2015 Indonesia was the second biggest contributor of plastic waste in the ocean in the world. These plastics that are in the ocean has caused so many harm in marine animals, in some cases they can even resulted in death. Research methods that are used in this research are qualitative research with interview and literature studies. Animated infographic design is picked because within it there’s visual aspect that pleased the eye of the audience and sound aspect which will enhance the massage deliverence. Asset design used in this animated infographic are simple design with unique and attractive colors. This animated infographic design about reducing plastic usage as a way to solve plastic waste problems are purposed to be an educational media as well as remainder to the target audience that to achieve better environment we can start from within ourself and by doing the simplest thing. This Animated Infographic contains informantions about what will happened when we keep ignoring plastic pollutions and easy, simple ways we can do to solve that problem.

Keywords: Animated Infographic, Plastic Pollution, Plastic Waste

×
Penulis Utama : Cesarioni Anggra Septa Rajasya Effendi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0716017
Tahun : 2020
Judul : Perancangan Animasi Infografis tentang Pengurangan Penggunaan Plastik sebagai Upaya Penanggulangan Limbah Plastik di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Seni Rupa dan Desain - 2020
Program Studi : S-1 Desain Komunikasi Visual
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Seni Rupa dan Desain-C0716017-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Anugrah Irfan Ismail, S.Sn., M.Sn
2. Arif Ranu Wicaksono, S.Kom., M.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.