Penulis Utama : Muhammad Fajar Maulana Dimyati
NIM / NIP : S571608005
×

Abstrak

Latar Belakang : Wanita infertil memiliki kerentanan psikologis yang lebih besar terhadap stresor dan gangguan mood di mana prevalensi depresi pada wanita infertil sebesar 39%. Gangguan psikologis yang dialami dapat menghambat kehamilan serta menggangu kualitas hidupnya. Tekanan psikologis pada perempuan menyebabkan terganggunya ovulasi, sel telur tidak dapat diproduksi, menyebabkan saluran telur mengalami spasme sehingga sulit dilewati sel telur atau spermatozoa.
Tujuan : Melakukan penyesuaian modul MBCT, dan menggunakan modul yang telah disesuaikan untuk penanganan kasus depresi dan memperbaiki kualitas hidup wanita infertil.
Metode : Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif berbentuk studi kasus yang dilakukan pada dua wanita infertil dengan gangguan depresi.
Hasil : Penyebab depresi dan penurunan kualitas hidup pada kedua subjek berbeda yaitu terdapat perbedaan dukungan keluarga dan rasa putus asa sehingga memengaruhi terhadap perkejaan dan hubungan sosial subjek. Psikoterapi MBCT ini dilakukan dengan setting terapi individu selama delapan sesi. Kedua subjek menyelesaikan terapi hingga akhir kontrak. Terdapat perbaikan pada kedua subjek meskipun berbeda dalam tingkat kesembuhan mereka.
Simpulan : Psikoterapi MBCT dengan menggunakan modul MBCT yang telah disesuaikan untuk wanita infertil dapat memperbaiki gejala depresi dan kualitas hidup

Kata Kunci : Mindfulness Based Cognitive Therapy, Wanita Infertil, Depresi, Kualitas hidup

 

×
Penulis Utama : Muhammad Fajar Maulana Dimyati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S571608005
Tahun : 2020
Judul : Psikoterapi Mindfulness Based Cognitive Therapy Untuk Memperbaiki Gejala Depresi dan Kualitas Hidup Wanita Infertil (Case Study)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : PPDS Psikiatri
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi PPDS Psikiatri - S571608005 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Aris Sudiyanto, dr., Sp.KJ (K)
2. Eriana Melinawati, dr., SpOG (K)
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.