Penulis Utama : Ngestituti Pramusita
NIM / NIP : S571608006
×

Abstrak

Latar Belakang: Neuropsychiatric Systemic Lupus Erythematosus (NPSLE) merupakan gangguan jaringan multisistem, autoimun, dan konektifitas dengan komorbiditas psikologis yang sering, dimana depresi adalah manifestasi umum yang sering terjadi, dan dapat timbul secara bersamaan dengan gejala underlying deseasenya ataupun tidak, sehingga dapat mengganggu kualitas hidup. Pemanfaatan MBCT-for Depression adalah untuk mencegah dan memperbaiki gejala depresi, fungsi lain dari psikoterapi ini dapat digunakan untuk mengobati gejala fisik salah satunya adalah gejala nyeri pada NPSLE, sehingga menghasilkan perbaikan gejala dalam waktu yang lama.
Tujuan: Penanganan kasus depresi dan memperbaiki kualitas hidup pasien NPSLE dengan menggunakan pendekatan MBCT-for Depression.
Metode: Studi ini merupakan case study dengan pendekatan kualitatif.
Hasil: Mindfulness-Based Cognitive Therapy for Depression (MBCT for Depression) dapat memperbaiki depresi dan kualitas hidup pasien NPSLE. Psikoterapi ini dengan setting individu dilakukan selama delapan sesi. Kedua subjek menyelesaikan terapi hingga akhir kontrak. Terdapat perbaikan pada kedua subjek meskipun berbeda dalam tingkat kesembuhan mereka, subjek I pada tingkat penyembuhan transferensi dan subjek II pada tingkat penyembuhan otonomi.
Simpulan: Mindfulness-Based Cognitive Therapy for Depression (MBCT for Depression) dapat memperbaiki depresi dan kualitas hidup pasien NPSLE.

Kata Kunci: Mindfulness-Based Cognitive Therapy for Depression (MBCT for Depression), Neuropsychiatric Systemic Lupus Erythematosus (NPSLE), Depresi, Kualitas Hidup.    

 

×
Penulis Utama : Ngestituti Pramusita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S571608006
Tahun : 2020
Judul : Mindfulness-Based Cognitive Therapy for Depression (MBCT For Depression) Untuk Memperbaiki Depresi dan Kualitas Hidup Pasien NPSLE
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : PPDS Psikiatri
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi PPDS Psikiatri - S571608006 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Aris Sudiyanto, dr., Sp.KJ (K)
2. Dr. Arief Nurudhin, dr., Sp.P.D., K-R, FINASIM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.