Penulis Utama : Hapsari Kresna Martha
NIM / NIP : S571702003
×

Abstrak

Latar Belakang: Kondisi anak dirawat inap dapat menimbulkan stres pada caregiver yang sering timbul akibat beberapa faktor, sehingga penanganan komprehensif dengan memberikan pengetahuan tentang faktor stres yang dikaitkan dengan faktor biologi, faktor psikologis, dan faktor sosial diharapkan dapat membantu menghadapi berbagai masalah. Pendekatan nonfarmakologis aplikasi psikoedukasi integratif dapat menjadikan caregiver lebih berpengetahuan, memengaruhi coping sehingga menurunkan tingkat stres pada caregiver pasien kanker anak rawat inap.
Tujuan: Menghetahui bagaimana pelaksanaan dan menilai hasil Modul “Aplikasi Psikoedukasi Integratif Model Untuk Gangguan Terkait Stres” pada caregiver pasien kanker anak rawat inap.
Metode: Studi ini merupakan case study dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan pada tiga caregiver pasien kanker anak rawat inap menggunakan Modul “Aplikasi Psikoedukasi Integratif Model Untuk Gangguan Terkait Stres” oleh Maharatih dkk yang dilakukan tiga sesi, setiap hari dengan pemberian pengulangan model ceramah dan diskusi interaktif.
Hasil: Psikoedukasi Integratif pada ketiga subjek menunjukkan perbaikan pada tahap 2 yaitu perbaikan gejala/gejala yang membaik atau mengalami kemajuan.
Simpulan: Modul “Aplikasi Psikoedukasi Integratif Model Untuk Gangguan Terkait Stres” dapat diaplikasikan sebagai penuntun untuk menurunkan tingkat stres pada caregiver pasien kanker anak rawat inap.


Kata Kunci: Psikoedukasi Integratif, gangguan terkait stres, caregiver, kanker, anak rawat inap.

 

×
Penulis Utama : Hapsari Kresna Martha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S571702003
Tahun : 2020
Judul : Psikoedukasi Integratif Untuk Menurunkan Tingkat Stres pada Caregiver Pasien Kanker Anak Rawat Inap di RSUD Dr. Moewardi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : PPDS Psikiatri
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi PPDS Psikiatri - S571702003 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Gst. Ayu Maharatih, dr., Sp.KJ (K)., M.Kes.
2. Debree Septiawan dr., Sp.KJ, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.