Penulis Utama : Nurul Anisa
NIM / NIP : S571702004
×

Abstrak

Latar Belakang: Penggunaan zat psikoaktif adalah masalah kesehatan masyarakat yang berdampak melemahkan pada fungsi fisik, psikologis, dan sosial. Perawatan saat ini tersedia untuk adiksi termasuk intervensi farmakologis serta terapi perilaku.  Diperlukan penatalaksanaan terbarui, salah satunya dengan neuromodulasi Repetitive Transcranial Magnetic Stimulation.
Tujuan: Mengetahui pengaruh rTMS sebagai terapi tambahan dalam penatalaksanaan penyalahgunaan opioid yang diberikan terapi substitusi metadon.
Metode: Studi ini merupakan pendekatan kualitatif berbentuk studi kasus pre dan post. Dilakukan stimulasi rTMS frekuensi tinggi di DLPFC kiri dengan frekuensi 10Hz sebanyak 5 sesi dengan durasi 20 menit.
Hasil: Setelah dilakukan rTMS, secara klinis dan observasi menunjukkan perbaikan dalam kontrol emosi dan perilaku. Sedangkan dari hasil EEG dan Brain Mapping, tidak menunjukkan perbaikan yang bermakna. Subjek menyelesaikan terapi hingga akhir sesi.  
Simpulan: Dari kasus ini rTMS menunjukkan hasil perbaikan secara klinis, tapi belum cukup kuat untuk memperbaiki EEG dan Brain Mapping.

Kata Kunci: Transcranial Magnetic Stimulation, Opioid, Metadon, Studi Kasus, Terapi Adjuvan

 

×
Penulis Utama : Nurul Anisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S571702004
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Repetitive Transcranial Magnetic Stimulation (RTMS) Sebagai Terapi Adjuvan Penatalaksanaan Penyalahgunaan Opioid
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : PPDS Psikiatri
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi PPDS Psikiatri - S571702004 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Aris Sudiyanto dr., Sp.KJ (K)
2. Djoko Suwito, dr., Sp.KJ
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.