Penulis Utama : Faisal Abdillah
NIM / NIP : C1011016
×

Penelitian ini membahas tentang pembentukan verba berwazan ?????? /istaf‘ala/  serta perubahan  makna yang ditimbulkan oleh pembentukan tersebut dalam kamus Al-Munawwir karya Ahmad Warson Munawwir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembentukan verba berwazan ?????? /istaf‘ala/ serta mendeskripsikan makna yang ditimbulkan dari adanya perubahan  bentuk dari verba dasar menjadi verba berwazan ?????? /istaf‘ala/. 
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang meliputi tiga tahapan yaitu, metode penyediaan data, analisis data, dan penyajian data. Teknik sadap, teknik simak, dan teknik catat sebagai metode penyediaan data. Teknik bagi unsur langsung dan teknik lesap sebagai metode analisis data, dan teknik informal sebagai metode penyajian hasil analisis. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan verba berwazan ?????? /istaf‘ala/ terbentuk melalui proses prefiksasi atau proses pembubuhan atau penambahan afiks yang terletak di awal kata. Proses pembentukan wazan ?????? /istaf‘ala/ mengalami proses idhgam atau geminasi (memasukan huruf ke huruf yang lain dari jenisnya yang sama, sehingga menjadi satu huruf yang bertasydid’’) , proses i‘lal (proses merubah huruf ‘illah untuk mempermudah bacaan), akan tetapi proses tersebut terjadi ketika verba tersebut masih dalam situasi verba dasar bukan setelah adanya pembubuhan previks. Pembentukan verba berwazan  ?????? /istaf‘ala/  memiliki 9 perubahan makna, yaitu menunjukkan makna thalab (meminta) terdiri dari 155 verba, shairurah (menjadi) terdiri dari 76 verba, i‘tiqa@d shifah (meyakini sifat) terdiri dari 49 verba, ikhtisha@ru chika@yah (meringkas rangkaian kalimat menjadi sebuah istilah) terdiri dari 1 verba saja, al-quwwah (menjadi kuat)terdiri dari 6 verba , Al-Musha@dafah (berjumpa secara kebetulan) terdiri dari 83 verba, Bermakna seperti wazan af‘ala, mutha@wa‘ah (akibat peristiwa) terdiri dari 51 verba  dan bermakna seperti verba dasar triliteral, terdiri dari 37 verba. Makna yang  dominan adalah makna thalab (meminta).

Kata Kunci : Pembentukan Verba, Wazan /istaf‘ala/, Kamus al-Munawwir.

×
Penulis Utama : Faisal Abdillah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C1011016
Tahun : 2020
Judul : Verba Berwazan Istaf’ala dalam Kamus Al-Munawwir Karya Ahmad Warson Munawwir (Analisis Morfosemantik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Seni Rupa Dan Desain - 2020
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS, F. Ilmu Budaya - Program Studi Sastra Arab - C1011016 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Arifuddin, Lc., M.A.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.