Penulis Utama : Muhd. Yakub
NIM / NIP : S571702009
×

Abstrak

Latar Belakang: Gangguan afektif bipolar episode depresi memiliki waktu yang lebih lama dan apabila tidak ditangani dengan adekuat dapat menyebabkan gangguan fungsi keluarga, pekerjaan, individu dan sosial. Psikoterapi mindfulness based cognitive therapy memberikan dukungan efek positif pada perbaikan depresi dan regulasi mood pada pasien bipolar.
Tujuan: Untuk menilai penanganan kasus depresi pada pasien gangguan afektif bipolar dengan penerapan psikoterapi mindfulness based cognitive therapy.
Metode: Studi ini merupakan case study dengan pendekatan penelitian kualitatif pada dua kasus pasien gangguan afektif bipolar episode kini depresi dengan latar belakang yang berbeda menggunakan modul psikoterapi mindfulness based cognitive therapy, analisis data menggunakan constant comparative method dari Glasser. Validasi data  menggunakan uji  credibility dengan triangulasi  dan uji transferability. Penyajian data menggunakan tabel, grafik dan disertai verbatim.
Hasil: Temuan menunjukkan perbaikan depresi pada kedua subjek setelah mendapatkan psikoterapi mindfulness based cognitive therapy dengan penyesuain setting individu, waktu, diagnosis, yang dilakukan sebanyak delapan sesi. Terdapat perbaikan  pada  Subjek  I  yaitu  penyembuhan  transferensi  dan  Subjek  II pada penyembuhan otonomi.
Simpulan: Kedua subjek merasakan perbaikan gejala depresi setelah menjalani psikoterapi mindfulness based cognitive therapy dengan setting yang disesuaikan.

Kata  Kunci:    Mindfulness  based  cognitive therapy,  gangguan  afektif  bipolar eposode kini depresi.

×
Penulis Utama : Muhd. Yakub
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S571702009
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Mindfulness Based Cognitive Therapy Sebagai Terapi Adjuvan Untuk Memperbaiki Depresi pada Pasien Gangguan Afektif Bipolar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : PPDS Psikiatri
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi PPDS Psikiatri - S571702009 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Mohammad Fanani, dr., Sp.KJ.
2. Debree Septiawan dr., Sp.KJ, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.