Penulis Utama : Gita Puspita
NIM / NIP : S581608002
×

Abstrak

Latar Belakang : Pasien yang di diagnosa kanker serviks memiliki kecemasan yang dapat berujung depresi. Peningkatan respons inflamasi TNF-? dapat terjadi pada pasien dengan perilaku yang depresif. Mindfulness-Based Cognitive Therapy (MBCT) diduga memberikan bukti positif terhadap perilaku depresi sehingga diperkirakan mampu mempengaruhi respons terhadap TNF-?.
Tujuan : Mengetahui perbedaan kadar TNF-? pada pasien kanker serviks yang mendapat Brief MBCT-Ca dengan pasien kanker serviks yang tidak mendapat Brief MBCT-Ca
Metode : Penelitian ini merupakan uji eksperimental dengan Randomized Controlled Trial Pre and Post Test Design. Sampel berjumlah 32  pasien didapatkan secara Consecutive Sampling. Subjek penelitian dibagi menjadi kelompok perlakuan dengan MBCT-Ca dan kelompok kontrol dengan kemoterapi dan radioterapi, kedua kelompok dilakukan pemeriksaan kadar TNF-? dengan metode ELISA.
Hasil : Rerata kadar TNF-? pre perlakuan 2.26 + 0,60 dan pasca perlakuan 2.76 + 1.68. p = 0,642. Kadar TNF-? pasien kontrol pre perlakuan rerata 2.15 + 0.79, dan pasca perlakuan 2.77 + 1.17, p = 0,063. Rerata kadar TNF-? kelompok perlakuan 0,50 + 1,90 sedangkan kelompok kontrol 0.62 + 1,32. p = 0,341.
Kesimpulan : Tidak didapatkan perbedaan kadar TNF-? pada pasien kanker serviks  yang mendapatkan Mindfulness-Based Cognitive Therapy For Cancer (MBCT-Ca) dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kelompok yang mendapatkan Mindfulness-Based Cognitive Therapy For Cancer (MBCT-Ca) mengalami peningkatan kadar TNF-? lebih rendah dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Kata Kunci :  TNF-a, MBCT-CA, KANKER SERVIKS

 

×
Penulis Utama : Gita Puspita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S581608002
Tahun : 2020
Judul : Tumor Necrosis Factor-Alpha Sebagai Parameter Respons Terapi Brief Mindfulness-Based Cognitive Therapy for Cancer pada Kanker Serviks
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : PPDS Obstetri Ginekologi
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi PPDS Obstetri dan Ginekologi - S581608002 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Heru Priyanto, dr,Sp.OG(K)
2. Prof. Dr. Hj. Sri Sulistyowati, dr. SpOG (K)
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.