Penulis Utama : Cut Sheira Elnita
NIM / NIP : S581608007
×

Abstrak

Latar  Belakang  :  Kanker  serviks  merupakan  keganasan  paling  sering  keempat  pada wanita. Pasien yang di diagnosa kanker serviks memiliki kecemasan dan dapat berujung depresi. Interleukin 6 (IL-6) menjadi salah satu sitokin yang berhubungan dengan progresifitas kanker serviks. Pengintegrasian  Mindfulness-Based  Cognitive Therapy For Cancer (MBCT Ca) dapat meningkatkan efektivitas intervensi berbasis mindfulness pada pasien kanker serviks.
Tujuan: Menganalisis  perbedaan kadar interleukin  6 pada pasien kanker serviks   yang diberikan   MBCT Ca dan tanpa MBCT Ca. Membuktikan  kadar IL-6 dapat digunakan sebagai prediktor terhadap respon efektivitas MBCT Ca dan pengaruh keefektifan MBCT Ca untuk  menurunkan  gejala  anxietas,  depresi  dan  meningkatkan  kualitas  hidup  pada pasien kanker serviks.
Metode: Penelitian analitik eksperimental uji acak terkendali   dengan Randomized Controlled  Trial  pre  and  post-test  design  di  ruang  rawat  dan  poliklinik  Onkologi- Ginekologi   dari  Maret-Agustus   2019   di  RSUD   Dr.  Moewardi   Surakarta.   Metode sampling   menggunakan   consecutive   sampling   didapatkan      32   pasien.   Kelompok perlakuan selain terapi standar juga diberi terapi ( MBCT Ca)  sebanyak 8 kali. Kemudian dilakukan penilaian kadar interleukin 6, skor EORTC-QLQ-C30 dan skor HADS pre dan post perlakuan.
Hasil : Distribusi rerata kadar IL-6 pada pasien kanker serviks kelompok perlakuan rata- rata 6.11+6.41, dan post perlakuan rata-rata 7.36+8.74 dengan nilai p=0,796 sedangkan IL-6 pasien kanker serviks kelompok kontrol pre perlakuan rata-rata 8.85+6.48, dan post rata-rata 15.61+8.99   dengan nilai p=0,063. Kelompok  kontrol mengalami  peningkatan kadar IL-6 lebih tinggi 5.525 dibandingkan peningkatan IL-6 pada kelompok perlakuan. Pada  pasien  kanker  serviks  kelompok  kontrol  mengalami  peningkatan  rata-rata  skor HADS rata-rata 2.00 + 12.39, kelompok perlakuan terjadi penurunan skor HADS rata- rata -3.38 + 9.72 dengan nilai p=0,043. Sedangkan  skor EORTC  QLQ C30 kelompok kontrol  mengalami  peningkatan  rata-rata  9.25  +  34.16,  kelompok  perlakuan  terjadi penurunan skor EORTC QLQ C30 rata-rata -1.31 + 19.14 dengan nilai p=0,167.
Kesimpulan: Terdapat selisih penurunan kadar Interleukin 6 pada pasien kanker serviks yang mendapatkan terapi MBCT Ca dibandingkan dengan tanpa MBCT Ca namun tidak signifikan bermakna. Terdapat pengaruh yang signifikan efektivitas MBCT Ca dalam menurunkan ansietas dan depresi pada pasien kanker serviks. Pada penelitian ini tidak ada pengaruh  peningkatan  kualitas  hidup pada pasien kanker serviks yang diberikan  terapi MBCT Ca.

Kata Kunci : Ansietas, Depresi, Interleukin 6, Kanker Serviks, MBCT Ca,

 

×
Penulis Utama : Cut Sheira Elnita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S581608007
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Interleukin 6 Terhadap Respon Efektivitas Mindfulness Based Cognitive Therapy for Cancer ( MBCT Ca) Pada Pasien Kanker Serviks
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : PPDS Obstetri Ginekologi
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi PPDS Obstetri dan Ginekologi - S581608007 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Heru Priyanto, dr,Sp.OG(K)
2. Dr. dr. Supriyadi Hari Respati, Sp.OG (K)
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.