Penulis Utama : Nadya Susanti
NIM / NIP : S021802043
×

Latar belakang: Anak dengan permasalahan komunikasi sosial berisiko mengalami kegagalan pada bidang akademis, kesulitan membentuk pertemanan, pengucilan sosial, dan penarikan. Ke¬mam¬puan komunikasi sosial dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kemampuan bahasa re¬sep¬¬tif, pola asuh orang tua, urutan kelahiran anak, dan jenis kelamin. Tujuan penelitian ini untuk meng¬analisis pengaruh kemampuan bahasa reseptif dan pola asuh terhadap kemampuan komunikasi sosial meng¬gu¬na¬kan Path Analysis.
Subjek dan Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional, yang dila¬ku¬kan di Kota Surakarta Jawa Tengah pada bulan Januari 2020. Sampel sebesar 200 orang di¬pi¬¬lih meng¬gunakan tehnik pengambilan sampel random sampling. Variabel dependen adalah ke¬mam¬puan komunikasi sosial. Variabel independen adalah kemampuan bahasa reseptif, pola asuh orang tua, urutan kelahiran, dan jenis kelamin. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan Diana¬li¬sis dengan analisis jalur menggunakan Stata 13.
Hasil: Kemampuan bahasa reseptif yang baik secara langsung meningkatkan kemampuan komu¬ni¬kasi sosial (b= 1.48; CI 95%= 0.68 hingga 2.27; p<0 xss=removed xss=removed p=0.001). xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed>Kesimpulan: Kemampuan komunikasi sosial yang baik pada anak usia pra sekolah meningkat dengan kemampuan bahasa reseptif yang baik, urutan kelahiran anak pertama, pola asuh orang tua yang demokratis dan jenis kelamin perempuan.
 
Kata kunci: Kemampuan komunikasi sosial, kemampuan bahasa reseptif, urutan kelahiran, pola asuh, jenis kelamin

×
Penulis Utama : Nadya Susanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021802043
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Kemampuan Bahasa Reseptif dan Pola Asuh Terhadap Kemampuan Komunikasi Sosial pada Anak Usia Prasekolah di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : UNS - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat - S021802043 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eti Poncorini P., dr., M.Pd
2. Dr. Rita Benya Adriani, S.Kp., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.