Penulis Utama : Karlinda
NIM / NIP : S021808027
×

Latar Belakang: Stroke adalah penyebab utama kematian dan kecacatan di seluruh dunia. Berdasarkan studi di Amerika Serikat (AS), seseorang mengalami stroke setiap 40 detik dan setiap 4 menit seseorang meninggal. Masalah komorbiditas atau keberadaan lebih dari satu penyakit adalah risiko stroke. Hal ini menyebabkan seseorang dengan komorbiditas memiliki risiko mortalitas lebih tinggi di¬bandingkan pasien stroke tanpa komorbiditas. Penelitian ini bertujuan meneliti peng¬ar¬uh obesitas dan diabetes melitus terhadap mortalitas pasien stroke.
Subjek dan Metode: Penelitian ini adalah studi meta-analisis dan kajian sistematis. Artikel yang digunakan diperoleh dari beberapa basis data elektronik termasuk Google Scholar, PubMed, Springer Link, Clinical key dan ProQuest. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu artikel yang telah dipublikasi dari tahun 2010-2019. Kata kunci untuk mencari artikel adalah sebagai berikut: “comorbidity and stroke”, “comorbidity and mortality and stroke and cross sectional study”, “comorbidity and mortality and stroke and adjusted odd ratio”, “comorbidity or stroke”, “comorbidity or mortality or stroke or cross sectional study”, “co¬mor¬bi¬di¬ty or mortality or stroke or adjusted odd ratio”. Artikel yang diteliti adalah artikel teks lengkap dengan desain studi observasional. Artikel dikumpulkan menggunakan diagram  PRISMA, dan dianalisis menggunakan aplikasi Review Manager 5.3.
Hasil: Obesitas (aOR= 1.51; CI 95%= 1.03 hingga 2.21; p= 0.030) dan diabetes melitus (aOR= 1.75; CI 95%= 1.33 hingga 2.29; p<0>Kesimpulan: Obesitas dan diabetes melitus meningkatkan mor¬ta¬li¬tas pasien stroke.

Keywords: obesity, diabetes mellitus, stroke

×
Penulis Utama : Karlinda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021808027
Tahun : 2020
Judul : Meta-Analisis Pengaruh Komorbiditas Obesitas dan Diabetes Melitus Terhadap Mortalitas Pasien Stroke
Edisi :
Imprint : UNS - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat - S021808027 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Didik Gunawan Tamtomo, dr, M.Kes., MM., PAK., Sp.DLP
2. Prof. Bhisma Murti, dr., MPH., M.Sc., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.