Penulis Utama : Laksmi Evasufi Widi Fajari
NIM / NIP : S031808020
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: 1) pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap KBK siswa; 2) pengaruh motivasi belajar tinggi dan rendah  terhadap  KBK  siswa;  3)  pengaruh  gaya  belajar  visual  dan  auditori terhadap KBK siswa; 4) interaksi antara penggunaan media pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap KBK siswa; 5) interaksi antara penggunaan media pembelajaran dengan gaya belajar terhadap KBK siswa; 6) interaksi antara motivasi belajar dan gaya belajar terhadap KBK siswa; 7) interaksi antara penggunaan media pembelajaran, motivasi belajar, dan gaya belajar terhadap terhadap KBK siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Penelitian ini dilaksanakan di 10 sekolah dasar negeri di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Sampel penelitian ini terdiri dari 292 siswa yang dipilih menggunakan   teknik   stratified   cluster   random   sampling.   Instrumen   yang digunakan adalah tes uraian terbuka, angket motivasi belajar, dan angket gaya belajar yang sudah diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya. Uji prasayarat penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji keseimbangan. Uji normalitas dalam penelitian ini menggunakan uji Kolmogorov Smirnov Test, uji homogenitas menggunakan uji Barlett, serta uji keseimbangan dilakukan dengan analisis variansi satu jalan sel tak sama. Uji hipotesis menggunakan anava tiga jalan dengan desain factorial 2x2x2 menggunakan aplikasi SPSS.
Hasil penelitian  disimpulkan  bahwa:  1)  tidak  ada  pengaruh  penggunaan
media pembelajaran terhadap KBK siswa; 2) ada pengaruh motivasi belajar tinggi dan rendah terhadap KBK siswa; 3) ada pengaruh gaya belajar visual dan auditori terhadap   KBK   siswa;   4)   tidak   ada   interaksi   antara   penggunaan   media pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap KBK siswa; 5) tidak ada interaksi antara penggunaan media pembelajaran dengan gaya belajar terhadap KBK siswa;
6) tidak ada interaksi antara motivasi belajar dan gaya belajar terhadap  KBK
siswa; 7) tidak ada interaksi antara penggunaan media pembelajaran, motivasi belajar, dan gaya belajar terhadap terhadap KBK siswa.

Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, media pembelajaran, motivasi belajar, gaya belajar

×
Penulis Utama : Laksmi Evasufi Widi Fajari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S031808020
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau dari Motivasi Belajar dan Gaya Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Jebres Kota Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S031808020 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwanto, S. Pd, M. Si.
2. Dr. Chumdari, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.