Penulis Utama : Muhammad Kafka Nazzala
NIM / NIP : C0815027
×

ABSTRAK

Kota Solo merupakan kota yang terus bertumbuh di segala sektor, Sebagai kota yang sedang bertumbuh, Kota Surakarta mempunyai peran yang cukup strategis. Dilihat dari sisi transportasi, Kota Surakarta juga merupakan simpul arus transportasi dari Barat ke Timur.
Keuntungan dari lokasi yang dimiliki ini menjadikan Kota Surakarta akan terus berkembang sebagai arus transportasi dan jasa distribusi. Saat ini sarana transportasi darat di Kota Surakarta dilayani oleh satu terminal dan tiga stasiun. Antara lain adalah Terminal Tirtonadi.
Perlunya perancangan perluasan terminal di kawasan Tirtonadi yang diharapkan mampu menunjang keterpaduan antar terminal dan moda transportasi lain serta mencakup penumpang dengan kelas yang berbeda. Sesuai dengan persyaratan terminal bus tipe A dan dengan fasilitas yang dapat menunjang pelayanan pengguna jasa terminal. Yang bersifat terbuka, kontekstual dengan lingkungan, dan mampu merespons lingkungan dengan segala potensi yang ada dengan menampilkan bentuk yang mudah diterima oleh masyarakat, ramah lingkungan, dan berwawasan lingkungan sehingga dapat merespons keadaan site lokasi dan tradisi budaya lokal.

Kata kunci : Terminal, Transportasi Umum, Green Architecture

ABSTRACT

Surakarta City is a city that keeps developing its every sector. As a developing city, it significantly has a strategic role. In the transportation sector, Surakarta City is the intersection of West and East flow.
The strategic location of Surakarta City keeps it develop as a flow of transportation and distribution service. Recently, the land transportation service is provided in one bus station and three railway stations, inter alia, Tirtonadi Bus Station.
The plan of expanding the bus station in Tirtonadi area is expected to support the integration of the bus station and the other transportation modes and to comprise the different class passengers. It regards the terms and conditions of the type-A bus station with the facilities supporting the service provided for the users, which is open, environmentally contextual, and able to respond to environmental conditions with all existed potential by showing the acceptable and eco-friendly form. Therefore, it can respond to the site’s condition and local culture and tradition.

Keyword : Terminal, Public Transportation, Green Architecture

×
Penulis Utama : Muhammad Kafka Nazzala
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0815027
Tahun : 2020
Judul : Desain Interior Ekstensi Terminal Tirtonadi dengan Konsep Green Architecture
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Seni Rupa dan Desain - 2020
Program Studi : S-1 Desain Interior
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Seni Rupa dan Desain Prodi Desain Interior-C0815027-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ahmad Faizin, M.Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.