Penulis Utama : Debby Andina Landiasari
NIM / NIP : S591608001
×

Latar belakang:  Dermatitis atopik (DA) merupakan penyakit peradangan kulit yang sering ditemukan pada anak yang penyebabnya masih belum diketahui. Zink adalah salah satu elemen penting dalam sistem imunitas tubuh yang memainkan peran utama dalam proses proliferasi, apoptosis, dan diferensiasi sistem imun. Defisiensi zink dapat merugikan karena mempengaruhi pertumbuhan dan fungsi sel imun. Defisiensi zink juga diyakini menjadi penyebab kejadian dermatitis atopik yang parah.
Tujuan: Mengetahui apakah terdapat hubungan antara defisiensi zink dengan derajat keparahan dermatitis atopik pada anak.
Metode: Penelitian observasional analitik dengan pendekatan potong lintang. Dilakukan pada anak dengan dermatitis atopik usia 2-5 tahun di Poliklinik Alergi Imunologi Anak dan Poliklinik Kulit dan Kelamin RSUD Dr. Moewardi Surakarta pada Januari 2019 sampai Desember 2019.
Hasil: Kadar zink <70>70 mcg/dl cenderung terdapat pada anak dengan dermatitis atopik derajat ringan (76,5%) dan sedang (23,5%). Hasil uji koefisien kotingensi didapatkan nilai koefisien sebesar rk=0,629, yang berarti terdapat hubungan dengan keeratan kuat antara kadar zink dengan derajat dermatitis atopik, dimana kurangnya kadar zink berisiko menyebabkan dermatitis atopik derajat berat. Nilai p<0>Simpulan: Didapatkan hubungan antara kadar zink dengan derajat keparahan dermatitis atopik dengan korelasi kuat (rk=0,629) yang secara statistik signifikan (p<0>

Kata kunci: Dermatitis Atopik, Scorad, Defisiensi Zink

 

×
Penulis Utama : Debby Andina Landiasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S591608001
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Kadar Zink dengan Derajat Keparahan Dermatitis Atopik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : PPDS Ilmu Kesehatan Anak
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi PPDS Ilmu Kesehatan Anak - S591608001 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Dwi Hidayah, Sp.A(K)., M.Kes
2. dr. Diah Lintang K, Sp.A., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.