Penulis Utama : Wildan Ferdian
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S601508006
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Musicure Terhadap Kontrol Kecemasan, Sesak, Nyeri dan Denyut Nadi pada Bronkoskopi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi PPDS Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi - S601508006 - 2020
Subyek : MUSICURE, BRONKOSKOPI, PENYAKIT PARU, HADS, VAS NYERI, BORG YANG DIMODIFIKASI, DENYUT NADI.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar belakang: Pengambilan sampel untuk diagnostik juga dapat menyebabkan komplikasi langsung, meskipun jarang, seperti perdarahan intrabronkial, bronkospasme, dan pneumotoraks. Bronkoskopi sering membuat stres bagi pasien karena takut sakit dan kesulitan bernafas. Keberhasilan bronkoskopi dapat dibantu beberapa metode yang setara dengan efek penenang antara lain hypnoterapi, terapi musik dan aroma terapi. MusiCure adalah rekaman musik yang dianggap membantu menyembuhkan melalui impuls musik yang 'secara pasif' diterima oleh pasien. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh musicure pada kontrol kecemasan, nyeri, sesak napas, dan denyut nadi pada pasien yang dilakukan bronkoskopi.
Metode: Penelitian klinis dengan desain pretest, postest dan control group design. pada pasien penyakit paru yang dilakukan bronkoskopi di RSUD Dr. Moewardi Surakarta bulan Februari-Maret 2020 secara consecutive sampling. Subjek penelitian dibagi menjadi kelompok perlakuan dengan Musicure dan kelompok kontrol tanpa music. Skor HADS, skor VAS nyeri, Skor skala Borg yang dimodifikasi, dan denyut nadi dinilai pada awal dan setelah bronkoskopi pada kedua kelompok.
Hasil: Sebanyak 32 subjek pasien penyakit paru yang dilakukan bronkoskopi ikut dalam penelitian ini. Kelompok perlakuan menunjukan penurunan skor HADS (-9,00 +2,80), skor VAS nyeri (-14,71 +12,31), denyut nadi (-6,47 +5,23) dan terdapat perbedaan bermakna dibanding kontrol (p<0 p=0,258.>Kesimpulan: Musicure berpengaruh menurunkan kecemasan dan nyeri, denyut nadi dan tidak berpengaruh terhadap sesak napas pada pasien yang dilakukan bronkoskopi.

Kata kunci: Musicure, bronkoskopi, penyakit paru, HADS, VAS nyeri, Borg yang dimodifikasi, denyut nadi.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Yusup Subagio Sutanto, dr., Sp.P(K), FISR.
2. Debree Septiawan dr., Sp.KJ, M.Kes
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Pascasarjana