Penulis Utama : Ita Juliastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S601602004
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Senam Asma Terhadap Nitric Oxide Darah, Mood, Energy Expenditure, dan Kualitas Seks
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi PPDS Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi - S601602004 - 2020
Subyek : SENAM ASMA, NITRIC OXIDE DARAH, MOOD, ENERGY EXPENDITURE, KUALITAS SEKS.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar belakang:  Olahraga  bermanfaat bagi kesehatan  fisik  dan mental. Seks merupakan fungsi dasar dalam kehidupan manusia melibatkan faktor fisik dan psikis yang memberikan kepuasan emosional yang mempengaruhi kualitas hidup. Olahraga menstimulasi enzim hormon seks yaitu testosteron dan estrogen yang meningkatkan pembentukan nitric oxide (NO) darah sebagai vasodilator poten. Olahraga mencegah dan memperbaiki depresi dan kecemasan, namun hubungan antara olahraga dan fungsi seksual kurang mendapat perhatian. Senam asma termasuk latihan aerobik yang terdiri dari gerakan tubuh untuk membantu rehabilitasi paru khususnya pada pasien asma dan dapat dilakukan semua orang. Pengaruh  senam  asma  ditinjau  dari aspek  seksologi khususnya  belum pernah diteliti.
Metode: Uji klinis eksperimental pretest dan postest design dilakukan terhadap 40 orang berusia 40-60 tahun di Surakarta pada tanggal 21 Juli sampai 27 Oktober 2019.   Subjek   kelompok   perlakuan   (n=20)   diberi   perlakuan   senam   asma
berkelompok sebanyak satu kali per minggu selama 12 minggu sedangkan kelompok kontrol (n=20) tidak melakukan olah raga rutin. Penelitian bertujuan untuk   menilai   pengaruh   senam   asma   terhadap   nitric   oxide   darah,   mood berdasarkan kuisioner Beck Depression Inventory (BDI), energy expenditure (EE; aktivitas fisik dan aktivitas seksual), dan kualitas seks berdasarkan kuisioner Arizona Sexual Experiences Scale (ASEX).
Hasil: Senam asma meningkatkan NO darah, memperbaiki mood, meningkatkan EE, dan meningkatkan kualitas seks secara signifikan dibandingkan kelompok kontrol, masing-masing p < 0 xss=removed B=0,426; B=0.664; B=0,336; p=0,026) B=-0.664;   B=-0,071;p B=-0,053; p=0,748 B=-0,054; p=0,703. B=0,464; p=0,009) B=0,018; p=0,904).>Simpulan:  Senam  asma  tidak  berpengaruh  langsung  terhadap  kualitas  seks, namun senam asma berpengaruh untuk meningkatkan NO darah dan energy expenditure, serta memperbaiki mood. Senam asma akan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kualitas seks jika didukung dengan mood yang baik.

Kata Kunci: Senam asma, nitric oxide darah, mood, energy expenditure, kualitas seks.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Suradi, dr., MARS, FISR
2. Debree Septiawan dr., Sp.KJ, M.Kes
Catatan Umum : validasi bambnag
Fakultas : Pascasarjana