Penulis Utama : Dwi Fajar Sidhiq
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S611808005
Tahun : 2020
Judul : Pertumbuhan, Perkembangan, dan Kandungan Fenol Total Aksesi Echinacea Purpurea (L.) Moench. pada Beberapa Ketinggian Tempat di Karanganyar Jawa Tengah Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Agronomi - S611808005 - 2020
Subyek : ECHINACEA PURPUREA (L.) MOENCH; FENOL TOTAL; KETINGGIAN TEMPAT
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Ekinase atau dengan nama latin Echinacea purpurea (L.) Moench merupakan tanaman obat introduksi dari Amerika Utara yang belum banyak dikembangkan di Indonesia. Tanaman ini memiliki habitat tumbuh asli di negara 4 musim, syarat tumbuh syarat tumbuh optimalnya adalah dengan suhu rendah dan sinar matahari penuh. Pengembangan tanaman Ekinase sebagai bahan baku obat obatan herbal di Indonesia mengalami kendala yaitu produksi yang tidak seragam dan belum banyak informasi mengenai kandungan fenol total jika dibudidayakan di indonesia.
Upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut salah satunya adalah melakukan domestikasi dan melakukan penelitian dengan menanam pada ketinggian tempat yang berbeda akan meningkatkan hasil produksi dan metabolit sekundernya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adaptasi dan variasi morfologi dari tanaman ekinase yang selanjutnya akan diseleksi. Penelitian disusun menggunakan rancangan tersarang (Nested), dengan lokasi sebagai sarang dan aksesi sebagai yang tersarang. Aksesi dibagi dalam empat kelompok tersarang dalam tiga lokasi tanam. Penelitian terdiri dari dua faktor yaitu aksesi dan ketinggian tempat. Setiap perlakuan diulang sebanyak empat kali sehingga diperoleh 36 satuan percobaan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS dan jika berbeda nyata akan dilakukan uji lanjut DMRT 5%.
Hasil penelitian adalah terdapat perbedaan tinggi tanaman, berat brangkasan basah, jumlah daun, berat akar, panjang akar, jumlah cabang pada aksesi Ekinase yang ditanam pada beberapa ketinggian tempat. Rekomendasi dari hasil penelitian adalah aksesi 1 dan 3. Aksesi 1 dan 3 menunjukan hasil yang baik dari berbagai variable pengamatan sehingga aksesi 1 dan 3 direkomendasika sebagai aksesi yang dapat dibudidayakan selanjutnya. Kemudian lokasi tanam yang direkomendasikan adalah dataran tinggi dan menengah, pada dataran rendah tanaman Ekinase lebih cepat panen namun pertumbuhannya terhambat dan kandungan fenolnya kurang optimal jika dibandingkan lokasi tanam yang lain.

Kata kunci : Echinacea purpurea (L.) Moench; Fenol Total; Ketinggian Tempat

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Bambang Pujiasmanto, M.S
2. Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S.
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Pascasarjana