Penulis Utama : Joko Wiharjo
NIM / NIP : S811708005
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan bahan ajar yang selama ini digunakan di SMP Tarakanita Solo Baru. (2) Mengembangkan Ebook IPA berbasis 3D Page Flip untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan berpikir kritis siswa SMP Tarakanita Solo Baru. (3) Menguji Keefektifan Ebook IPA berbasis 3D Page Flip untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan berpikir kritis siswa SMP Tarakanita Solo Baru.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadopsi model pengembangan desan Four-D, yang meliputi empat tahap yakni tahap define meliputi analisis bahan ajar, analisis keterampilan komunikasi dan berpikir kritis siswa dan analisis kebutuhan guru dan siswa. Tahap design meliputi desain bahan ajar Ebook IPA berbasis 3D Page Flip. Tahap Develop meliputi penyusunan prototype, validasi ahli, uji coba lapangan, bentuk final produk. Serta tahap dessiminate meliputi implementasi produk dan uji keefektifan produk.
Simpulan penelitian : (1) Bahan ajar yang digunakan selama ini di SMP Tarakanita Solo Baru hanya berpatokan pada satu buku yang telah disediakan oleh sekolah tanpa buku pendamping. Ebook berbasis 3D Page Flip dikembangkan sebagai buku suplemen atau pelengkap dalam upaya memfasilitasi peningkatkan keterampilan komunikasi dan kemampuan berpikir kristis siswa. (2) Pengembangan ini menggunakan desain Four-D yakni define, design, develop,dan dessiminate. Draft awal Ebook yang telah disusun kemudian di validasi oleh ahli bahan ajar dengan perolehan skor 5 kategori sangat baik, ahli media sebesar 4 dengan kategori baik serta ahli materi dengan perolehan skor 4,8 dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil uji coba keterbacaan kelompok kecil sebesar 4,4 dengan kategori sangat baik, perolehan skor uji keterbacaan kelompok besar dan kelompok luas 4,5 dan 4,8 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba lapangan maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan Ebook IPA berbasis 3D Page Flip layak digunakan dalam proses pembelajaran. (3) Bahan ajar Ebook IPA berbasis 3D Page Flip terbukti efektif meningkatkan keterampilan komunikasi dan berpikir kritis siswa SMP Tarakanita Solo Baru. Dengan perolehan nilai berdasarkan hasil uji statistik dengan progam SPSS 20, baik keterampilan komunikasi maupun berpikir kritis diperoleh taraf signifikansi 0,000 lebih kecil dari pada 0,05 (0,000< 0>ttabel untuk keterampilan komunikasi yaitu 6,004>1,699 sedangkan nilai dari berpikir kritis sebesar 6,635 >
1,699 maka Ho ditolak dan H1 diterima atau kelas eksperimen yang menggunakan ebook 3D Pageflip mempunyai hasil komunikasi dan berpikir kritis lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol.

Kata Kunci: Ebook, 3D, IPA, Komunikasi, Berpikir, Kritis.

 

×
Penulis Utama : Joko Wiharjo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811708005
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Ebook IPA Berbasis 3d Page Flip Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Berpikir Kritis Siswa SMP Tarakanita Solo Baru
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Teknologi Pendidikan - S811708005 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Triana Rejekiningsih, M.Pd.
2. Dr. Andre Noevi Rahmanto. M,Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.