Penulis Utama : Rahmat Fajar Asrofin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811708010
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Melalui Edpuzzle Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di SMK Negeri 5 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Teknologi Pendidikan - S811708010 - 2020
Subyek : MODEL, BLENDED LEARNING, EDPUZZLE, BERPIKIR KRITIS.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan model pembelajaran mekanika teknik yang selama ini di implementasikan di SMK. (2) Mengembangkan model pembelajaran Blended Learning Melalui Edpuzzle pada mata pelajaran Mekanika Teknik untuk keterampilan berpikir kritis siswa di SMK. (3) Menguji keefektifan model pembelajaran Blended Learning Melalui E-learning Edpuzzle pada mata pelajaran Mekanika Teknik untuk keterampilan berpikir kritis siswa di SMK.
Metode Penelitian dan Pengembangan (Reseach and Development/ R&D) desain Model ADDIE yang terdiri lima tahap yaitu: (1) Tahap Studi Pendahuluan meliputi Studi Pustaka, Studi Lapangan, Analisis Kebutuhan Guru dan Siswa. (2) Tahap Desain meliputi: Desain Model Pembelajaran Blended Learning Melalui Edpuzzle. (3) Tahap Pengembangan Meliputi : Draf awal Produk, Validasi Ahli, Uji Coba Lapangan, Bentuk Final Produk; (4)Tahap Implementasi meliputi implementasi model blended learning melalui e-learning edpuzzle serta (5) Tahap Evaluasi meliputi uji prasarat, Uji Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, dan Uji Keefektifan Model pembelajaran Blended Learning Melalui Edpuzzle.
Simpulan Penelitian : (1) penggunaan model pembelajaran oleh guru masih kurang, dan tidak ada alternatif untuk menciptakan sebuah model pembelajaran baru, sehingga dalam proses pembelajaranya terkesan sangat menoton. Berdasarkan hasil riset menunjukan bahwa metode pengajaran yang tidak menarik serta kualitas pembelajaran mekanika teknik juga dihadapkan pada masalah kurangnya model pembelajaran dan sumber belajar atau bahan ajar yang digunakan dalam pengajaran disekolah, (2) Pengembangan model pembelajaran ini menghasilkan draft awal model pembelajaran Blended Learning yang disusun setelah peneliti melakukan analisis kebutuhan. Sintak pembelajaran disusun dalam 6 fase dalam pembelajaran tatap muka dan 4 fase pada pembelajaran online. Draf awal model yang telah tersusun selanjutnya divalidasi dan diuji cobakan melalui uji coba terbatas dan uji coba luas. Validasi dilakukan oleh 4 ahli yang masing-masing memiliki keahlian dalam bidangnya. Hasil validasi yang telah dilakukan pada ketiga ahli tersebut menyatakan bahwa hasil validasi model pembelajaran Blended Learning melalui Edpuzzle yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran setelah melalui beberapa revisi, media Edpuzzle sendiri telah efektif dalam capaian pembelajaran. (3) Model Pembelajaran Blended Learning Melalui Edpuzzle efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMK Negeri 5 Surakarta berdasar pada 5 indikator berpikir kritis. Dengan perolehan nilai berdasarkan hasil uji statistik dengan bantuan progam SPSS 20, diperoleh taraf signifikansi 0,000 lebih kecil dari pada 0,025 (0,000< 0>ttabel yaitu 5,909>2,045 maka Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat perbedaan rerata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci : Model, Blended Learning, Edpuzzle, Berpikir Kritis.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Agus Efendi, M.Pd.
2. Dr. Deny Tri Ardianto, S.Sn., Dipl. Art.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana