Penulis Utama : Wiedy Putri Fauziah
NIM / NIP : S811802012
×

Abstrak

Tujuan  penelitian  untuk  menerapkan  digitalisasi  legenda  dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa sekolah dasar. Digitalisasi saat ini telah memasuki dunia pendidikan, adapun kehadirannya telah mengubah dan menarik simpati para generasi millenial untuk berkarya. Perkembangan teknologi semakin pesat sehingga memberikan akibat positif yang sudah dialami oleh masyarakat secara keseluruhan juga menimbulkan akibat negatif, seperti melemahnya hubungan antar individu dan hilangnya tradisi budaya setempat. Guru    harus    mampu    menguasai inovasi media untuk digunakan dalam proses belajar sehingga melalui penggunaan media pembelajaran tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien.
Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan riset fenomenologi. Tahapan penelitian yakni teknik pengumpulan data dan teknik analisis data. Subjek penelitian yang digunakan dua orang guru kelas yaitu guru kelas 3, guru kelas 5, siswa kelas III dan V berjumlah 38 orang.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yakni (1) Digitalisasi legenda Prigen dalam story board dan video animasi dikemas dengan bagus melalui adobe flash CS5, (2) Perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia dengan media digital legenda Prigen telah dilaksanakan secara menyeluruh dengan diberikan inovasi media pembelajaran disesuaikan dari tema yang akan dipelajari peserta didik. dan (3) Peningkatan reflective thinking terhadap legenda Prigen berdasarkan dari wawancara untuk  preliminary study,  hasil angket  dan hasil  belajar  para siswa  sekolah dasar menunjukkan perubahan perilaku.

Kata kunci : Digitalisasi, Legenda, Reflective Thinking, Sekolah Dasar

 

×
Penulis Utama : Wiedy Putri Fauziah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811802012
Tahun : 2020
Judul : Digitalisasi Legenda Prigen Untuk Meningkatkan Reflective Thinking Siswa Sekolah Dasar (SD)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Teknologi Pendidikan - S811802012 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Hermanu Joebagio, M.Pd.
2. Dr. Asrowi, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.