Penulis Utama : Afifah Putri Sari
NIM / NIP : S831608052
×

Penelitian bertujuan untuk 1) mengetahui hubungan antara kesadaran metakognisi dengan hasil belajar kognitif; 2) mengetahui perbedaan kesadaran metakognisi dan hasil belajar kognitif siswa boarding dan non boarding; 3) mengetahui karakteristik siswa yang memiliki kesadaran metakognisi dan hasil belajar kognitif yang sama rata; 4) mengetahui karakteristik siswa yang memiliki kesadaran metakognisi tinggi dengan hasil belajar kognitif rendah; dan 5) mengetahui karakteristik siswa yang memiliki kesadaran metakognisi rendah dengan hasil belajar kognitif tinggi.
Penelitian merupakan penelitian mix method yang menggabungkan penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan model explanatory design. Fase penelitian meliputi 1) fase pengumpulan data kuantitatif; 2) fase analisis data kuantitatif; 3) fase menghubungkan data kuantitatif dengan kualitatif; 4) fase pengumpulan data kualitatif; dan 5) fase analisis data kualitatif. Data kuantitatif penelitian adalah hasil skor metakognitif dan hasil belajar kognitif. Kesadaran metakognisi diukur menggunakan instrumen Metacognitive Awareness Inventory (MAI) serta hasil belajar kognitif yang diukur melalui tes yang dibuat berdasarkan taksonomi Bloom. Data kualitatif dalam penelitian dikumpulkan melalui wawancara dan observasi dengan responden.
Hasil penelitian diperoleh kesimpulan 1) hasil uji Pearson Product Moment menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara kesadaran metakognisi dan hasil belajar kognitif siswa; 2) hasil uji T-Independent menunjukkan ada perbedaan rata-rata yang signifikan pada kesadaran metakognisi antara siswa boarding dan non boarding SMA Islam di Surakarta dan tidak ada perbedaan rata- rata yang signifikan pada hasil belajar kognitif antara siswa boarding dan non boarding SMA Islam di Surakarta; 3) karakteristik siswa dengan kesadaran metakognisi dan hasil belajar yang sama rata adalah siswa memiliki strategi belajar yang beragam dan melaksanakan aktivitas merencanakan, memantau, dan mengevaluasi; 4) karakteristik siswa dengan kesadaran metakognisi tinggi tapi hasil belajar kognitif rendah adalah strategi belajar hanya mencatat dan melaksanakan aktivitas merencanakan, memantau, dan mengevaluasi; 5) karakteristik siswa dengan kesadaran metakognisi rendah tapi hasil belajar kognitif tinggi adalah strategi siswa beragam, melaksanakan aktivitas merencanakan tapi belum memantau dan mengevaluasi.

Kata Kunci: Kesadaran Metakognisi, Hasil Belajar Kognitif, Mix Method

 

×
Penulis Utama : Afifah Putri Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831608052
Tahun : 2020
Judul : Penelitian Korelasi dan Komparasi Kesadaran Metakognisi Dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA Islam di Surakarta: A Mix Method Study
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Pendidikan Sains - S831608052 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Puguh Karyanto, S.Si., M. Si., Ph.D.
2. Prof. Dr. Ashadi
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.