Penulis Utama : Marliana Tita Aszhari
NIM / NIP : D1417018
×

Sebelum menyusun tugas akhir ini, penulis diharuskan untuk melaksanakan Kuliah Kerja Media. Pelaksanaan Kuliah Kerja Media dilakukan oleh penulis selama dua bulan dari tanggal 20 Januari 2020 sampai dengan 20 Maret 2020. Dengan adanya Kuliah Kerja Media, setiap mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan keahlian yang dimiliki untuk menjadi salah satu bagian pada sebuah instansi. Kuliah Kerja Media menjadi sarana untuk mengasah kemampuan mahasiswa pada bidang yang ditekuninya serta mempersiapkan mahasiswa dalam dunia kerja.
Dalam kegiatan Kuliah Kerja Media ini penulis memutuskan untuk bergabung di salah satu televisi swasta yakni iNews. iNews merupakan salah satu televisi nasional yang memiliki jaringan televisi lokal terbanyak di seluruh Indonesia. Dengan didukung jaringan yang luas, iNews mengangkat konten lokal dari masing-masing daerah. Selain itu iNews merupakan salah satu televisi yang lebih menonjolkan pada konten berita. Untuk itu iNews menjadi stasiun televisi yang mengunggulkan program-program berita dan informasi yang cepat, akurat, informatif, mendidik serta menginspirasi.
Dalam menyajikan sebuah berita, setiap stasiun televisi harus memperhatikan kriteria kelayakan berita yakni penting, baru terjadi, unik, asas keterkenalan, asas kedekatan, magnitude, dan tren. Untuk mendapatkan sebuah tayangan berita yang layak dibutuhkan proses produksi berita dengan melalui tiga tahapan yakni pra produksi, produksi dan pasca produksi.
Pelaksanaan Kuliah Kerja Media di iNews menjadikan penulis lebih memahami proses produksi berita yang baik. Banyak ilmu dan pengalaman yang penulis dapatkan selama melaksanakan magang di iNews. Selain itu penulis juga dapat mengetahui dan mempelajari secara langsung peranan seorang Production Assistant dan tim Koordinator Daerah.
Peranan Production Assistant dalam produksi program berita adalah membantu kelancaran produksi dan mempersiapkan semua yang dibutuhkan. Dan tugas dari seorang Korda adalah mengkoordinir berita dari setiap daerah. Berita dari setiap daerah akan diterima dan diseleksi oleh Korda kemudian direkomendasikan kepada Produser agar berita dari daerah tersebut dapat ditayangkan di televisi.</p>

×
Penulis Utama : Marliana Tita Aszhari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1417018
Tahun : 2020
Judul : Proses Produksi Siaran Berita Pada Program Inews Siang di Inews
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-Prog. Diploma Komunikasi Terapan-D1417018-2020
Kata Kunci : Kuliah Kerja Media, iNews, Proses Produksi Berita, Koordinator Daerah
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Aryanto Budhy S, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.