Penulis Utama : Itsna Yunida Al Husna
NIM / NIP : S831802013
×

Penelitian dan pengembangan modul klasifikasi materi dan perubahannya berbasis inquiry-interactive demonstration bertujuan untuk mengetahui: 1) karakteristik modul klasifikasi materi dan perubahannya berbasis inquiry- interactive demonstration untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi;  2)  kelayakan  modul  klasifikasi  materi dan  perubahannya  berbasis inquiry-interactive  demonstration  untuk  meningkatkan  keterampilan  berpikir kritis dan kolaborasi; 3) efektivitas modul klasifikasi materi dan perubahannya berbasis inquiry-interactive demonstration untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi siswa.
Penelitian dan pengembangan modul klasifikasi materi dan perubahannya menggunakan prosedur Borg & Gall yang dimodifikasi sesuai dengan tujuan penelitian   terdiri   atas   9   tahapan   yaitu:   1)   penelitian   pendahuluan   dan pengumpulan informasi; 2) perencanaan; 3) pengembangan produk awak; 4) uji coba lapangan permulaan; 5) revisi produk utama; 6) uji lapangan utama; 7) revisi produk kedua; 8) uji lapangan operasional; 9) revisi produk akhir. Subjek yang digunakan pada uji lapangan operasional yaitu siswa VII SMPN 4 Surakarta dan SMPN  20  Surakarta  di  Kota  Surakarta,  Jawa  Tengah.  Analisis  data  pada penelitian  ini adalah analisis deskriptif mengenai karakteristik  modul,  analisis kelayakan modul berdasarkan skor kriteria, dan analisis peningkatan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi melalui uji N-gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) modul memiliki karakteristik topik IPA yang  dikembangkan  berada pada KD. 3.3. dan 4.3, aktivitas siswa yang terstruktur dan sistematis mengacu pada pembelajaran inquiry-interactive demonstration,   dan   adanya   kompetensi   abad   21   yang   dilatihkan   yakni keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi; 2) modul yang telah dikembangkan mencapai kriteria layak berdasarkan penilaian oleh validator ahli, praktisi pendidikan, dan kelompok siswa; 3) modul klasifikasi materi dan perubahannya efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi siswa di sekolah kategori tinggi dan kategori rendah.


Kata Kunci : inquiry-interactive demonstration, modul IPA, keterampilan berpikir kritis, kolaborasi

 

×
Penulis Utama : Itsna Yunida Al Husna
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831802013
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Modul Klasifikasi Materi dan Perubahannya Berbasis Inquiry-Interactive Demonstration untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kolaborasi Siswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Pendidikan Sains - S831802013 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mohammad Masykuri, M.Si.
2. Dr. Muzzazinah, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.