Penulis Utama : M. Yulifar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831802014
Tahun : 2020
Judul : Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Menggunakan Model Teams Games Tournament dan Model Group Investigation Ditinjau dari Kerja Sama Siswa dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa (Pembelajaran pada Materi Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar Kelas VIII di SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Pendidikan Sains - S831802014 - 2020
Subyek : PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MASALAH, TGT, GI, KERJA SAMA, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA berbasis masalah menggunakan model TGT dan model GI ditinjau dari kerja sama dan keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian dilakukan di SMP Negeri 14 Surakarta pada materi gerak benda dan makhluk hidup di lingkungan sekitar di kelas VIII tahun pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah 68 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Surakarta. Jumlah ukuran sampel penelitian ini ditentukan menggunakan persamaan Slovin sehingga didapat sampel sebanyak 58 siswa. Cara menentukan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling yang diambil secara acak. Kemudian sampel yang terpilih diberikan perlakuan untuk dilakukan pengangambilan data hasil belajar siswa. Uji hipotesis penelitian ini diuji menggunakan Kruskal-Wallis karena data tidak berdistribusi normal dan tidak homogen.
Hasil uji hipotesis penelitian ini disimpulkan bahwa: 1) tidak ada pengaruh pembelajaran IPA berbasis masalah menggunakan model TGT dan model GI terhadap hasil belajar siswa, 2) ada pengaruh kerja sama terhadap hasil belajar siswa, 3) ada pengaruh keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa, 4) ada interaksi pengaruh pembelajaran IPA berbasis masalah menggunakan model TGT dan model GI ditinjau dari kerja sama terhadap hasil belajar siswa, 5) ada interaksi pengaruh pembelajaran IPA berbasis masalah menggunakan model TGT dan model GI ditinjau dari keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa, 6) ada interaksi pengaruh pembelajaran IPA berbasis masalah ditinjau dari kerja sama dan keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa, 7) ada interaksi pengaruh pembelajaran IPA berbasis masalah menggunakan model TGT dan model GI ditinjau dari kerja sama dan keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci: pembelajaran IPA berbasis masalah, TGT, GI, kerja sama, keterampilan berpikir kritis.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwanto, S.Pd., M.Si.
2. Prof. Dr. Ashadi
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Pascasarjana