Penulis Utama : Muhammad Agung Safari Cahyanto
NIM / NIP : S831802015
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan instrumen tes diagnostik two tier multiple choice dilengkapi CRI (Certainty of Response Index) yang memiliki validitas, realibilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan indeks pengecoh yang memenuhi kriteria sebagai suatu soal yang layak. 2) mengembangkan instrumen tes diagnostik two tier multiple choice dilengkapi CRI (Certainty of Response Index) pada materi klasifikasi materi dan perubahannya menjadi instrumen tes yang mampu mendeteksi miskonsepsi siswa. 3) mengidentifikasi profil miskonsepsi siswa sebagai bentuk laporan yang informatif.
Penelitian dan pengembangan instrument tes diagnostik two tier multiple choice dilengkapi CRI (Certainty of Response Index) ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang terdiri dari 10 tahap yaitu: 1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi (research and information collecting), 2) perencanaan (planning), 3) pengembangan bentuk produk awal (develop preliminary form of product), 4) uji coba lapangan awal (preliminary field testing), 5) revisi produk awal (main product revision), 6) uji coba lapangan utama (main field testing ), 7) revisi produk utama (operational product revision), 8) uji coba pelaksanaan lapangan (operational field testing), 9) revisi produk akhir (final product revision), 10) diseminasi (dissemination). Penelitian ini dilakukan di SMP N 3 Surakarta, SMP N 5 Surakarta, dan SMP N 10 Surakarta dengan jumlah responden siswa sebanyak 285 orang. Validasi instrumen tes diagnostik two tier multiple choice dilengkapi CRI (Certainty of Response Index) ini menggunakan metode Aiken dengan 9 orang validator.
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa: 1) instrumen two tier multiple choice dilengkapi CRI(Certainty of Response Index) yang dikembangkan dinyatakan layak dan memenuhi kriteria sebagai suatu instrumen tes yang baik dengan hasil validitas, realibiltas, tingkat kesukaran dan indeks pengecoh sesuai dengan kategori soal yang baik. 2) instrumen tes diagnostik two tier multiple choice dilengkapi CRI (Certainty of Response Index) yang telah dikembangkan mampu digunakan sebagai instrumen tes diagnostik yang mampu mendeteksi miskonsepsi siswa. 3) profil miskonsepsi siswa yang dikembangkan dapat digunakan sebagai saran yang informatif.

Kata Kunci: Miskonsepsi; Penelitian Dan Pengembangan; Two Tier Multiple Choice;  Cri (Certainty Of Response Index).

 

×
Penulis Utama : Muhammad Agung Safari Cahyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831802015
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Two Tier Multiple Choice Dilengkapi CRI (Certainty of Response Index) untuk Mendeteksi Miskonsepsi pada Siswa Kelas VII SMP Materi Klasifikasi Materi dan Perubahannya
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Pendidikan Sains - S831802015 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ashadi
2. Prof. Sulistyo Saputro, M.Si.,Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.