Penulis Utama : Rinta Dian Pratiwi
NIM / NIP : S831802017
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik modul IPA berbasis Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) pada materi kalor dan perpindahannya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa, menguji kelayakan modul IPA berbasis Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) pada materi kalor dan perpindahannya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa, dan menguji keefektifan modul IPA berbasis Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) pada materi kalor dan perpindahannya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development. Pengembangan modul menggunakan model four-d mengacu pada model Thiagarajan, meliputi tahap define, design, development,dan disseminate. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan soal tes. Uji keefektifan modul melibatkan 64 siswa kelas VII. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk menganalisis kelayakan modul, analisis kemampuan berpikir kreatif menggunakan Gain Score dan analisis hasil belajar aspek pengetahuan menggunakan Independent Sample t-Test.
Hasil pengembangan yaitu berupa modul yang dikembangkan berbasis model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL). Hasil penelitian disimpulann bahwa modul IPA yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik ditinjau dari kelayakan kualitas isi/ materi berdasarkan penilaian ahli, praktisi, dan teman sejawat. Modul IPA berbasis Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif berdasarkan N-Gain score sebesar 0,536 yang merupakan kategori sedang dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar aspek pengetahuan berdasarkan analisis deskriptif rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol dan hasil uji-t dari nilai posttest disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen.

Kata kunci: Modul IPA, Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), Kemampuan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar, Kalor dan Perpindahannya.

 

×
Penulis Utama : Rinta Dian Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831802017
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Modul IPA Berbasis POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) pada Materi Kalor dan Perpindahannya untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Pendidikan Sains - S831802017 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ashadi
2. Sukarmin, S.Pd, M.Pd, Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.