Penulis Utama : Siti Zulaichah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831802021
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Modul IPA Berbasis Inquiry Lesson untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Kreativitas Ilmiah Siswa pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Pendidikan Sains - S831802021 - 2020
Subyek : INQUIRY LESSON, KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH, KREATIVITAS ILMIAH, MODUL IPA, USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan modul IPA berbasis inquiry lesson untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kreativitas ilmiah siswa pada materi usaha dan pesawat sederhana; 2) mengetahui kelayakan modul IPA berbasis  inquiry lesson untuk  meningkatkan kemampuan komunikasi dan kreativitas ilmiah siswa pada materi usaha dan pesawat sederhana; 3) mengetahui keefektifan modul IPA berbasis inquiry lesson untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kreativitas ilmiah siswa.
Penelitian  dan  pengembangan  modul  IPA  ini  menggunakan  prosedur
Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi 9 tahap yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba awal, 5) revisi produk awal, 6) uji coba lapangan terbatas, 7) revisi produk kedua, 8) uji lapangan operasional dan 9) revisi produk akhir. Analisis data yang digunakan selama pengembangan adalah analisis karakteristik modul dengan metode deskriptif, analisis kelayakan modul berdasarkan skor kriteria, analisis efektivitas modul berdasarkan skor N-gain, uji independent sample t-test dan uji Mann-Whitney menggunakan SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) modul IPA pada materi usaha dan pesawat sederhana telah berhasil dikembangkan dengan karakteristik sesuai model inquiry lesson untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kreativitas ilmiah siswa. 2) modul IPA yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak ditinjau dari kelayakan bahasa, materi, media dan pembelajaran. 3) modul IPA efektif meningkatkan kemampuan komunikasi ilmiah siswa pada sekolah level tinggi dengan skor N-gain sebesar 0,71 menunjukkan kategori tinggi dan pada  sekolah  level  rendah  dengan    skor  N-gain  sebesar  0,53  menunjukkan kategori sedang. Modul IPA efektif meningkatkan kreativitas ilmiah siswa pada sekolah tinggi dengan skor N-gain sebesar 0,55 menunjukkan kategori sedang dan pada sekolah level rendah dengan skor N-gain sebesar 0,33 menunjukkan kategori sedang. Hasil uji signifikansi skor N-gain menunjukkan modul berbasis inquiry lesson secara signifikan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kreativitas ilmiah siswa.

Kata kunci: inquiry lesson, kemampuan komunikasi ilmiah, kreativitas ilmiah, modul IPA, usaha dan pesawat sederhana.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sukarmin, S.Pd., M.Si., Ph.D.
2. Dr. Mohammad Masykuri, M.Si.
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Pascasarjana