Penulis Utama : Daffa Rafif Kusuma
NIM / NIP : D1517016
×

Prosedur pembelian bahan bahan baku merupakan salah satu kegiatan utama dari perusahaan yang bertipe manufaktur. Perusahaan yang bertipe manufaktur dapat dengan lancar apabila kebutuhan bahan bakunya terpenuhi, tak terkecuali PT. Efrata Retailindo yang sangat bergantung kepada tersedianya bahan baku. Pokok bahasan pada kajian ini adalah bagaimana prosedur pembelian bahan baku pada PT. Efrata Retailindo.
Pengamatan yang digunakan merupakan pengamatan observasi berperan aktif serta pengumpulan data dilakukan dengan observasi,wawancara, dan dokumentasi. Prosedur pembelian yang dilakukan PT. Efrata Retailindo sebagian besar sudah menggunakan aplikasi khusus dalam pembuatan dokumen-dokumen. Aplikasi yang digunakan sudah terkoneksi antara divisi pembelian dengan divisi yang berhubungan, sehingga hanya dengan satu aplikasi prosedur pembelian dapat berjalan dengan baik. Selain memudahkan dalam pembuatan dokumen aplikasi tersebut juga berguna menyimpan dokumen yang terlah dibuat, sehingga mengurangi kehilangan dokumen.
Pembelian yang dilakukan oleh PT. Efrata Retailindo diawali dengan menerima Purchase Request dari bagian yang membutuhkan. Bagian pembelian akan mengolah menjadi Purchase Order yang akan diteruskan ke Supplier. Supplier akan mengirimkan barang pesanan sesuai Purchase Order yang kemudian akan diperiksa kondisi oleh bagian gudang. Setelah bagian gudang mengirimkan laporan kondisi dari barang yang dibeli. Bagian pembelian akan membuat surat penerimaan barang yang akan diberikan ke bagian akuntan untuk dilakukan pembayaran.

Kata kunci: Prosedur Pembelian Bahan Baku

×
Penulis Utama : Daffa Rafif Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1517016
Tahun : 2020
Judul : Prosedur Pembelian Bahan Baku Pada PT. Efrata Retailindo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Prog. Diploma Manajemen Administrasi-D1517016-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Herwan Parwiyanto, S.Sos., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.