Penulis Utama : Bebryana Ratri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841808003
Tahun : 2020
Judul : Kajian Antropologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Bumi Manusia dan Anak Semua Bangsa Karya Pramoedya Ananta Toer Serta Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Pendidikan Bahasa Indonesia - S841808003 - 2020
Subyek : NOVEL, ANTROPOLOGI SASTRA, NILAI PENDIDIKAN KARAKTER, BAHAN AJAR
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  dan  menjelaskan:  (1)
kompleksitas ide, (2) kompleksitas aktivitas, (3) kompleksitas hasil budaya dalam novel Bumi Manusia Anak dan Semua Bangsa karya Pramoedya Ananta Toer, (4) pemanfaatannya dalam pengembangan bahan ajar teks novel di SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif analitik. Data dalam penelitian ini berupa hasil telaah novel Bumi Manusia Anak dan Semua Bangsa karya Pramoedya Ananta Toer. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah informan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik dokumen dan wawancara mendalam  kepada  informan.  Validitas data menggunakan  triangulasi  data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Hasil  penelitian ini meliputi (1)  Kompleksitas ide  berupa  hakikat hidup manusia, karya manusia, manusia dalam ruang dan waktu, pandangan manusia terhadap alam semesta, dan hubungan manusia dengan sesamanya. Data yang paling dominan yaitu kompleksitas ide hakikat hidup manusia dalam ruang dan waktu. (2) Kompleksitas aktivitas meliputi kekerabatan, ekonomi, pendidikan berjumlah, keindahan dan rekreasi, religi, politik, dan jasmani. Data yang paling banyak yakni komplesitas aktivitas jasmani atau somatis. (3) Kompleksitas hasil budaya yaitu hasil budaya berbentuk bahasa, sistem pengetahuan, sistem peralatan dan  teknologi,  sistem  mata  pencaharian,  sistem  religi,  dan  kesenian.  Data terbanyak yaitu kompleksitas hasil budaya berbentuk sistem peralatan dan teknologi. (4) Nilai pendidikan karakter meliputi kebijaksanaan, keadilan, keberanian, pengendalian diri, cinta, sikap positif, bekerja keras, integritas, rasa syukur, dan kerendah hatian. Nilai pendidikan karakter kebijaksanaan yang paling dominan. (5) Pemanfaatan nilai pendidikan karakter sebagai bahan ajar pembelajaran sastra di SMA. Novel tersebut pun layak digunakan siswa SMA kelas XII semester genap pada KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel, 4.9 merancang novel  atau  novelet  dengan  memerhatikan  isi  dan  kebahasaan  baik secara lisan maupun tulis.

Kata kunci: Novel, Antropologi Sastra, Nilai Pendidikan Karakter, Bahan Ajar

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sarwiji Surwandi, M.Pd.
2. Prof. Dr. Andayani, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana