Penulis Utama : Nareemah Lasa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841808026
Tahun : 2020
Judul : Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Mahasiswa di Thammasat University, Thailand
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Pendidikan Bahasa Indonesia - S841808026 - 2020
Subyek : IMPLEMENTASI, PEMBELAJARAN, BAHASA INDONESIA.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: 1) persepsi pengajar terhadap pembelajaran bahasa Indonesia pada mahasiswa di Thammasat University Thailand, 2) perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia pada mahasiswa di Thammasat University Thailand, 3) pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia pada mahasiswa di Thammasat University Thailand, 4) kendala yang dihadapi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia serta strategi mengatasi kendala oleh pengajar pada mahasiswa di Thammasat University, Thailand.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif naturalistik dengan bentuk studi kasus terpancang. Penelitian ini dilaksanakan di Thammasat University, Thailand. Mahasiswa yang kuliah di jurusan kajian Asia Tenggara. Informan dalam penelitian ini adalah pengajar dan siswa. Teknik cuplikan yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, analisis dokumen, dan arsip. Pengujian validitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Data penelitian dianalisis menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian sebagai berikut: 1) persepsi pengajar terhadap pembelajaran bahasa Indonesia cukup baik dan positif, 2) perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia yang disusun oleh pengajar yang berhubungan dengan perangkat pembelajaran hanya berupa silabus, 3) pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia yang dilaksanakan pengajar sudah mengarah pada kemampuan untuk mengembangkan kemampuan bahasa Indonesia siswa, 4) kendala yang dihadapi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, yaitu: a) dampak negatif yang terdapat pada penggunaan teknologi internet, b) lingkungan kebahasaan yang tidak mendukung, membuat pembelajar tidak ada kesempatan berkomunikasi, c) waktu dan ruangan yang terbatas, d) kesulitan dalam pengucapan huruf, e) kesulitan mengguna kaedah Imbuhan, dan f) keterbatasan memilih buku dan kamus BI. Serta strategi mengatasi kendala oleh pengajar yaitu menyarankan untuk menggunakan kamus buku atau menggunakan kamus KBBI online dengan tidak menerjemahkan dengan google pada semua teks, memberikan motivasi dan saran untuk pergi sammer di Indonesia, membikinkan kelas menjadi lebih nyaman, dan berusaha untuk mereka menggunakan BI sebanyak mungkin, belajar di luar waktu dan mendengar music, baca novel, nonton film indonesia, dan berteman dengan penutur asli agar cepat bisa berbahasa Indonesia dengan baik.

Kata kunci: Implementasi, pembelajaran, bahasa Indonesia.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andayani, M.Pd.
2. Dr. Atikah Anindyarini, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana