Penulis Utama : Sri Kurniawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851708033
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Open Ended pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Kelas VIII SMP Negeri di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Pendidikan Matematika - S851708033 - 2020
Subyek : MODUL MATEMATIKA, PENDEKATAN OPEN ENDED, HOTS, SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kevalidan; 2) kepraktisan; 3) keefektifan; dan 4) keampuhan modul matematika berbasis pendekatan open ended untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) peserta didik SMP pada materi Sistem Persamaan Lineard Dua Variabel (SPLDV).
Penelitian pengembangan modul matematika ini menggunakan prosedur pengembangan yang dikemukakan oleh Budiyono yang telah dimodifikasi. Tahap pengembangan terdiri 3 tahap yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk, dan pengujian keampuhan produk. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri di Kota Surakarta. Sampel penelitian ini adalah peserta didik dari SMPN 3 Surakarta, SMPN 16 Surakarta, dan SMPN 20 Surakarta. Instrumen penelitian ini adalah lembar penilaian modul oleh ahli, angket respon pendidik dan peserta didik, dan soal HOTS.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Modul matematika berbasis pendekatan open ended memenuhi kriteria valid dengan hasil penilaian oleh ahli media sebesar 3,27, ahli materi sebesar 3,21, dan ahli bahasa sebesar 3,77. 2) Modul matematika berbasis pendekatan open ended memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata angket respon peserta didik sebesar 2,965 dan skor rata-rata angket respon pendidik sebesar 3,080 sehingga modul mudah digunakan oleh pengguna; 3) Modul matematika berbasis pendekatan open ended memenuhi kriteria efektif karena skor HOTS peserta didik sesudah menggunakan modul matematika berbasis pendekatan open ended lebih baik daripada sebelum menggunakan modul tersebut. 4) Modul matematika berbasis pendekatan open ended memenuhi kriteria keampuhan. Uji hipotesis menunjukkan hasil t_obs=5,271 sehingga H0 ditolak. Artinya HOTS peserta didik yang menggunakan modul matematika berbasis pendekatan open ended lebih baik daripada HOTS peserta didik yang menggunakan buku teks matematika. Hal ini dapat disimpulkan bahwa HOTS yang dimiliki peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada HOTS yang dimiliki peserta didik kelas kontrol.

Kata kunci: modul matematika, pendekatan open ended, HOTS, sistem persamaan linear dua variabel

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Budiyono, M.Sc.
2. Dr. Dewi Retno Sari Saputro, M.Kom.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana