Penulis Utama : Burhanudin Mustofa
NIM / NIP : S851808006
×

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian pengembangan ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana proses dan hasil pengembangan modul pembelajaran sistem persamaan linear tiga variabel berbasis predict observe explain yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA di Kabupaten Pemalang; 2) untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA di Kabupaten Pemalang pada materi sistem persamaan linear tiga variabel menggunakan modul sistem persamaan linear tiga variabel berbasis POE yang dikembangkan lebih baik daripada menggunakan produk yang sebelumnya.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan  4D  yang terdiri  dari  4  fase  atau  tahapan  utama  yaitu  Define, Desaign, Develop, dan Disseminate. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA di Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2019/2020 dengan 2 kelas di SMA N 1 Bodeh, 2 kelas di SMA N 1 Ulujami, dan 2 kelas di SMA N 1 Comal sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified cluster random sampling. Analisis data yang digunakan selama pengembangan adalah analisis deskriptif, analisis kevalidan modul berdasarkan skor kriteria dari validator, analisis kepraktisan berdasarkan dari angket respon pengguna modul, analisis keefektifan modul dilihat melalui uji-t berpasangan dan analisis keampuhan modul dilihar menggunakan t-test.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) modul pembelajaran sistem persamaan linear tiga variabel berbasis predict observe explain memenuhi kriteria valid setelah divalidasi oleh validasi ahli materi dan ahli media, memenuhi kriteria praktis  setelah  hasil  angket  respon  siswa  dan  guru  yang  didapatkan  sebesar
77.733?ri angket respon siswa dan 92.444?ri angket respon guru yang
diberikan, dan memenuhi kriteria efektif untuk digunakan berdasarkan hasil uji-t
berpasangan. 2) kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan modul pembelajaran sistem persamaan linear tiga variabel berbasis predict observe explain lebih baik daripada menggunakan modul pembelajaran matematika yang ada di sekolah berdasarkan hasil uji t-test.

Kata Kunci:  Modul   Pembelajaran,    Predict   Observe   Explain,   Kemampuan Pemecahan Masalah

 

×
Penulis Utama : Burhanudin Mustofa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851808006
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Modul Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berbasis Predict Observe Explain untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA di Kabupaten Pemalang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Pendidikan Matematika - S851808006 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mardiyana, M.Si.
2. Drs. Isnandar Slamet, M.Sc., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.