Penulis Utama : Lidya Fransisca Claudia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851808019
Tahun : 2020
Judul : Semiotik Siswa SMA di Kota Kediri dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Solo Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Pendidikan Matematika - S851808019 - 2020
Subyek : SEMIOTIK, TAKSONOMI SOLO, DISPOSISI MATEMATIS, PROGRAM LINEAR
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Semiotik adalah kajian tentang kegunaan yang diperlukan dari produksi tanda dan simbol sebagai bagian dari sistem kode untuk mengomunikasikan informasi. Semiotik merupakan bagian dari pendekatan onto-semiotik yang memperhatikan makna dari objek matematika (bahasa, masalah, konsep, proposisi, prosedur, dan argumen) untuk menyelesaikan masalah matematika. Dalam menyelesaikan matematika, respon siswa dapat dikategorikan dalam lima level taksonomi SOLO serta bagiamana sikap siswa dalam menerima pembelajaran matematika yang disebut dengan disposisi matematis.
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mendeskripsikan semiotik siswa SMA di Kota Kediri dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan taksonomi SOLO yang berdisposisi matematis tinggi, sedang, dan rendah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian yang terdiri atas 6 siswa dari kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 8 Kota Kediri. Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian dipilih berdasarkan hasil dari pengkategorian disposisi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Tes yang diberikan sebanyak 2 soal uraian tentang program linear. Validasi data pada penelitian ini yaitu menggunakan triangulasi teknik /metode.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Semiotik siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi program linier berdasarkan taksonomi SOLO berada pada tingkat respon extended abstract yang memiliki disposisi matematis tinggi mampu memenuhi semua objek matematika dalam semiotik, (2) Semiotik siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi program linier berdasarkan taksonomi SOLO berada pada tingkat respon relasional yang memiliki disposisi matematis sedang mampu memenuhi semua objek matematika dalam semiotik, dan (3) Semiotik siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi program linier berdasarkan taksonomi SOLO berada pada tingkat respon multistruktural yang memiliki disposisi matematis rendah belum mampu memenuhi objek matematika yaitu  pada aspek bahasa, konsep dan proposisi.

Kata kunci : Semiotik, Taksonomi SOLO, Disposisi Matematis, Program Linear

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Tri Atmojo K, M.Sc., Ph.D.
2. Dr. Laila Fitriana, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana