Penulis Utama : Deni Eko Setiawan
NIM / NIP : S861802007
×

Lampung merupakan sebuah wilayah yang ditempati oleh berbagai suku, budaya, dan agama yang berbeda, Konflik dapat terjadi di daerah Lampung, bukti-bukti sudah banyak terjadi konflik di Lampung mencakup antar suku, budaya, dan agama. Nilai-nilai sang bumi ruwai jurai yang mengajarkan bahwa manusia harus memiliki sikap saling menghormati dan toleransi antara manusia. Pembelajaran berbasis lokal yang dilaksanakan oleh sekolah MAN 1 Metro Lampung untuk membentuk siswa memiliki sikap toleransi. Berdasarkan latar belakang di atas, tujuan peneliti adalah sebagai berikut; (1.) Pemahaman Guru tentang Nilai-nilai Sang bumi ruwai jurai. (2.) Perencanaan Pembelajaran Nilai-nilai Sang bumi ruwai jurai. (3.) Implementasi Nilai-nilai Sang bumi ruwai jurai dalam Pembelajaran. (4.) Kendala-kendala Guru dalam Implementasi Nilai-nilai Sang bumi ruwai jurai dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Metro Lampung.
Metode penelitian yang sesuai untuk penelitian ini kualitatif, melalui pendekatan studi kasus tunggal terpancang, peneliti dapat memperoleh informasi yang komprehensif dan mendalam untuk mendukung hasil yang diperoleh. Prosedur pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan kuesioner, setelah data diperoleh kemudian lakukan analisis data, melalui prosedur pengumpulan data, reduksi data, penyejian data, dan penarikan kesimpulan. Tahap akhir penyajian data kedalam tulisan yang dilakukan oleh peneliti.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti mendapatkan hasil sebagai berikut; (1.) Nilai-nilai sang bumi ruwai jurai dalam bentuk kesopanan, bekerja keras, kerja sama, dan kerendahan hati. Pemahaman guru dapat di ukur melalui wawancara, pengamatan, dan dalam penerapan dalam pembelajaran. Pemahaman guru “baik” berkaitan dalam pembelajaran nilai-nilai sang bumi ruwai jurai sebab dalam menentukan media, metode, guru sangat selektif. (2.) Menentukan bahan yang tepat seperti perjalanan nabi Muhammad ke Madinah, menghubungkan silabus tentang perjalanan hijrahnya Nabi Muhammad dan para sahabat, sesuaikan pada RPP dan untuk menyesuaikan waktu implementasi dengan metode cooperative learning. (3.) Implementasinya guru menggunakan motode belajar kelompok, untuk lebih mengefisienkan waktu agar pembelajaran tuntas. Nilai sang bumi ruwai jurai diterapkan dalam kelomopok untuk melatih kreatifitas, kerja sama, critical thinking, dan communication di dalam pembelajaran. Guru juga menghubungkan pada kegiatan ekstrakulikuler Qosidah, Rohis, KIR, dan tugas kelompok. (4.) Menentukan model pembelajaran yang akan digunakan, menentukan metode yang sesuai dengan materi, menentukan media untuk menunjang pembelajaran, dan menentukan waktu pelaksanaan yang tercantum dalam rencana proses pembelajaran sebangai perangkat pembelajaran.

Kata Kunci; Kebudayaan, Nilai-nilai Sang Bumi Ruwai Jurai, dan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MAN 1 M etro Lampung.

 

×
Penulis Utama : Deni Eko Setiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861802007
Tahun : 2020
Judul : Nilai-Nilai Sang Bumi Ruwai Jurai Sebagai Enrichment Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Studi Kasus di MAN 1 Metro Lampung)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Pendidikan Sejarah - S861802007 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Hermanu Joebagio, M.Pd.
2. Dr. Susanto, M. Hum.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.