Penulis Utama : Muhammad Devi Muklasin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S881808005
Tahun : 2020
Judul : Dampak Pariwisata Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat di Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Pendidikan Geografi - S881808005 - 2020
Subyek : PARIWISATA, POTENSI, DAMPAK, ARAHAN, SOSIAL EKONOMI
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pariwisata di suatu daerah menyebabkan banyaknya masyarakat di Kecamatan Ngargoyoso berpindah kegiatan dari pertanian ke pariwisata, dan memungkinkan memberikan dampak terhadap kegiatan sosial ekonomi masyarakat Kecamatan Ngargoyoso di bidang pariwisata. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui kegiatan sosial ekonomi masyarakat kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar di bidang pariwisata, (2) Mengetahui potensi sosial ekonomi masyarakat, (3) Mengetahui dampaknya terhadap ekonomi masyarakat, (4) Menentukan arahan untuk meningkatkan kegiatan sosial ekonomi masyarakat, (5) Mengimplementasikan hasil penelitian kepada pembelajaran geografi.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada responden yang dilakukan di 17 objek wisata dengan menggunakan teknik accidental sampling. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil analisis penelitian menunjukkan terjadinya penambahan mata pencaharian penduduk dari pertanian ke bidang sektor pariwisata, sebagai pedagang (rumah makan (17,35%), warung (32,65%), pedagang keliling (8,16%), dan pedagang souvenir (5,10%)), tukang parkir (25,51%) dan pengelola objek wisata (11,22%). Pada musim pengolahan lahan dan panen, penduduk lebih mementingkan bekerja di sektor pertanian dibanding di sektor wisata. Terdapat potensi sosial ekonomi di bidang pendidikan (35%), pertanian (25%), kerajinan (10%), kesenian (30%) yang membawa perubahan pada lingkungan yang berorientasi sebagai Daerah Tujuan Wisata yang mampu menggerakkan perekonomian dari bidang pariwisata. Dampak kegiatan pariwisata terhadap ekonomi masyarakat adalah adanya peningkatan pendapatan setelah bekerja di sektor pariwisata sebesar 33%, hal tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Peningkatan pendapatan masyarakat terjadi akibat banyaknya pengunjung yang berkunjung ke objek wisata dan melakukan aktivitas kegiatan ekonomi. Arahan untuk meningkatkan kegiatan sosial ekonomi masyarakat berupa mengembangkan potensi pertanian atau perkebunan organik untuk menunjang kehidupan serta dapat menambah penghasilan perekonomian msyarakat setempat, potensi kerajinan dan event kesenian lokal seperti tarian pucuk putri, tari retno kahuning, festival ogoh-ogoh dan festival gunungan buah-buahan untuk menunjang kreativitas budaya masyarakat lokal, sehingga mampu memantapkan sifat dan ciri khas budaya setempat secara berkelanjutan. Dari hasil implementasi penelitian kepada peserta didik setingkat SMA/MA didapatkan bahwa bahan ajar layak untuk dipergunakan sebagai salah satu sumber belajar peserta didik berdasarkan rata penilaian guru pengampu mata pelajaran geografi di SMA Negeri Karangpandan dengan nilai prosentase sebesar 89,2% yang berarti sangat baik yang diuji cobakan telah sesuai dengan materi pembelajaran Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Pariwisata di kelas XI (sebelas) SMA Negeri Karangpandan.

Kata Kunci: Pariwisata, Potensi, Dampak, Arahan, Sosial Ekonomi

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Chatarina Muryani, M.Si.
2. Dr. Pipit Wijayanti, S.Si. M.Si.
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Pascasarjana