Penulis Utama : Dwiki Cahyani Erarizma Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1517021
Tahun : 2020
Judul : Administrasi Penggajian Pegawai di Perusahaan Daerah Air Minum ( PDAM ) Pacitan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Prog. Diploma Manajemen Administrasi-D1517021-2020
Subyek : ADMINISTRASI, PENGGAJIAN, PDAM PACITAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Gaji  merupakan  sesuatu  yang sangat  penting bagi  kelangsungan  hidup
manusia terutama bagi yang bekerja. Karena dengan gaji, manusia dapat membeli kebutuhan untuk kelangsungan hidup. Pengertian gaji itu sendiri adalah balas jasa dalam bentuk uang yang diterima oleh tenaga kerja atau pekerja yang telah dilakukannya. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Pacitan adalah perusahaan yang berbentuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN), pemberian gaji Perusahaan Daerah  Air  Minum  (PDAM)  Pacitan  di  direalisasikan  90%  dari  gaji  pokok Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Pacitan. Dalam suatu perusahaan administrasi penggajian sangat penting untk proses pencapaian tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan tersebut.
Pengamatan ini dilakukan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Pacitan untuk mengetahui kebijakan penggajian, cara perhitungan penggajian, dan admiistrasi penggajian yang merupakan proses pencairan gaji sampai kepada tangan pegawai serta ketepatan dalam proses pelaksanaannya. Jenis pengamatan ini adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian yang disusun dalam rangka memberikan gambaran secara sistematis tentang informasi ilmiah yang berasal dari subjek atau objek penelitian. Sumber data diperoleh dari narasumber (informan), dokumen, serta peristiwa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen atau arsip.
Administrasi  penggajian  di  Perusahaan  Daerah  Air  Minum  (PDAM) Pacitan harus melalui beberapa tahapan yaitu, pengajuan gaji di bagian bendahara gaji, verifikasi, bagian pembukuan, dan pencairan gaji/pembuatan voucher. Pada pengajuan gaji di bagian bendahara gaji terdapat lampiran yang harus disiapkan yaitu surat keterangan mutasi, surat kenaikan pangkat, absensi pegawai, dan surat keputusan  berkala.  Selain  tu  di  bagian  pembukuan  dan  pencairan  gaji  juga terdapat beberapa dokumen seperti slip gaji, daftar gaji, tunjangan, dan SPT tahunan. Gaji pokok di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Pacitan selalu diterima tepat waktu pada akhir bulan. Kenaikan gaji di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Pacitan ada 3 macam yaitu kenaikan gaji berkala dan kenaikan gaji golongan/pangkat. Untuk kenaikan gaji dilakukan setiap dua tahun sekali yaitu kenaikan gaji berkala dan dua tahun selanjutnya kenaikan gaji golongan/pangkat.

Kata Kunci : Administrasi, Penggajian, PDAM Pacitan 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
HALAMAN JUDUL_D1517021.pdf
BAB 1_D1517021.pdf
BAB 2_D1517021.pdf
BAB 3_D1517021.pdf
BAB 4_D1517021.pdf
BAB 5_D1517021.pdf
DAFTAR PUSTAKA_D1517021.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Marsudi, MS.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi