Penulis Utama : Fahmatuz Istiqfarani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1517024
Tahun : 2020
Judul : Prosedur Pelayanan Pensiun Pegawai di PT Semen Indonesia (PERSERO) TBK
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Prog. Diploma Manajemen Administrasi-D1517024-2020
Subyek : PROSEDUR, PELAYANAN, PENSIUN PEGAWAI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Banyaknya sumber daya manusia yang mengantri dan menunggu giliran dalam memperoleh pekerjaan menyebabkan angka pengangguran semakin naik. Demi mewujudkan suksesnya roda kehidupan yang selalu berputar, pensiun merupakan jawaban dari keresahan menumpuknya pengangguran di masa kini. PT Semen Indonesia memberikan fasilitas pensiun untuk pegawai yang sudah mencapai masa istirahat dari suatu pekerjaan. Dengan adanya dana pensiun, pegawai dapat bekerja dengan maksimal tanpa mencemaskan hari tuanya. Karena selama hidup berlangsung kebutuhan pokok harus tetap terpenuhi mulai dari sekarang maupun nanti saat sudah tidak bekerja lagi. Selain itu, pemberian dana pensiun ini sebagai wujud penghargaan kepada para pegawai yang sudah purna tugas.
Pengamatan dalam penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pelayanan pensiun pegawai di PT Semen Indonesia. Jenis dalam penulisan ini adalah pengamatan deskriptif kualitatif, yaitu jenis pengamatan yang dimaksudkan untuk memberikan informasi mengenai prosedur pelayanan pensiun pegawai. Teknik pengumpulan data dalam penulisan ini adalah wawancara dengan salah satu staff Unit Employee Relation, observasi secara langsung selama melaksanakan kuliah kerja, serta mempelajari dokumen tentang peniun pegawai. 
Hasil pengamatan ini menunjukkan bahwa prosedur pelayanan pensiun pegawai dilakukan oleh pegawai unit employee relation yang dimulai dari update data pegawai, pemberitahuan pensiun dilakukan satu bulan sebelum pegawai pensiun, pengumpulan dokumen ke unit employee relation, koordinasi dengan Dana Pensiun Lembaga Keuangan, mengolah data pensiun pegawai, penerbitan Surat Keterangan Pensiun, hingga penyampaian hak pensiun kepada pegawai yang pensiun. 

Kata kunci: Prosedur, Pelayanan, Pensiun Pegawai 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
cover-abstrak.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Scan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Is Hadri Utomo, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi