Penulis Utama : Febriana Defvy Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1517026
Tahun : 2020
Judul : Prosedur Pengajuan Kontra Bank Garansi Jaminan Pelaksanaan di Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia Cabang Solo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Prog. Diploma Manajemen Administrasi-D1517026-2020
Subyek : PROSEDUR PENGAJUAN, KONTRA BANK GARANSI, PERUSAHAAN UMUM JAMINAN KREDIT INDONESIA CABANG SOLO
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Laju pertumbuhan perekonomian Indonesia belum mencapai prosentase angka pertumbuhan untuk menjadi salah satu negara maju. Oleh sebab itu pemerintah berusaha megadakan pembangunan infrastruktur secara merata. Adanya pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah mendorong lembaga keuangan bank maupun non-bank untuk menerbitkan produk yang dapat menjamin kegiatan pembangunan konstruksi sehingga diharapkan dapat meringankan pembiayaan konstruktor dalam pekerjaannya. Salah satu produk yang diterbitkan lembaga keuangan yaitu Kontra Bank Garansi dari Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia Cabang Solo. Kontra bank garansi adalah pilihan penjaminan proyek yang tepat bagi kontruktor baru yang hendak melaksanakan pembangunan kontruksi. Kontruktor tidak perlu mengeluarkan dana uang muka keseluruhan sebagai jaminan yang dipegang bank sebab dana tersebut sudah menjadi tanggung jawab perusahaan.
Penulis melakukan pengamatan di Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia untuk mengetahui bagaimana prosedur pengajuan kontra bank garansi jaminan pelakasanaan. Dalam pengamatan ini penulis menggunakan observasi berperan pasif dimana penulis hadir dalam pelaksanaan namun tidak terlibat secara langsung sehingga penulis melakukan beberapa metode untuk mendapatkan data yang diperlukan. Metode yang dilakukan untuk pengumpulan data antara lain adalah wawancara dengan staff perusahaan khususnya staff bisnis penjaminan dan staff operasional kemudian melakukan dokumentasi dengan merekam wawancara dan melakukan pencatatan.  
Hasil dari pengamatan ini adalah prosedur pengajuan kontra bank garansi di perusahaan umum Jaminan Kredit Indonesia Cabang Solo. Untuk mendapatkan kontra bank garansi dari perusahaan umum Jaminan Kredit Indonesia Cabang Solo principal perlu mengajukan permohonan terlebih dahulu. Setelah itu pihak perusahaan akan melakukan analisa kelayakan berdasarkan persyaratan yang dikirim dan kerumitan proyek. Jika principal layak mendapatkan penjaminan maka perusahaan akan menerbitkan Surat Persetujuan Prinsip Penjaminan (SP3) yang akan dikirim ke bank. Kemudian dalam waktu 2 hari bank akan mengirimkan balasan untuk menerbitkan Surat Penjaminan. Kemudian setelah surat balasan dari bank diterima maka perusahaan akan menerbitkan Surat Penjaminan Kontra Bank Garansi.

Kata kunci: prosedur pengajuan, kontra bank garansi, Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia Cabang Solo.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Scan2.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tiyas Nur Haryani,S.Sos,M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi