Penulis Utama : Febriyanti Budiastuti
NIM / NIP : D1517027
×

Berdasarkan peraturan Direktorat Jendral Pajak   Nomor PER-16/PJ/2014
Tentang  Cara  Pembuatan  dan  Pelaporan  Faktur  Pajak  Berbentuk  Elektronik,
penggunaan aplikasi E-Faktur diberlakukan untuk semua Pengusaha Kena Pajak (PKP) di Jawa-Bali pada tanggal 1 Juli 2015. E-Faktur merupakan faktur pajak yang  dibuat  melalui aplikasi atau  sistem elektronik  yang  ditentukan dan atau disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak.
Tugas Akhir ini membahas tentang tingkat ke efektivitasaan penggunaan aplikasi E-Faktur dalam Pelaporan SPT Masa PPN serta untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan dalam penggunaan aplikasi E-Faktur di KPP Pratama Ngawi Tahun 2015-2019. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah metode kualitatif serta data yang digunakan penulis diperoleh dari wawancara dan studi pustaka. Untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan E-Faktur, maka Penulis membandingkan antara pelaporan SPT Masa PPN seacara manual dengan SPT Masa PPN secara elektronik atau menggunakan E-Faktur.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi E- Faktur di KPP Pratama Ngawi belum efektiv, Setiap tahunnya presentase kepatuhan Pengusaha Kena Pajak dalam melaporkan SPT Masa PPN selalu mengalami penurunan pada Tahun 2015-2019, hal ini terjadi karena masih adanya Pengusaha Kena Pajak yang tidak menerbitkan faktur pajak, atau telat untuk melaporkan SPT Masa PPN.

Kata Kunci : Efektivitas, Aplikasi E-Faktur, KPP, SPT Masa PPN 

×
Penulis Utama : Febriyanti Budiastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1517027
Tahun : 2020
Judul : Efektivitas Penggunaan Aplikasi E-Faktur Dalam Pelaporan SPT Masa PPU di Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Ngawi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Prog. Diploma Manajemen Administrasi-D1517027-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Is Hadri Utomo, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.