Penulis Utama : Feri Eka Kusuma
NIM / NIP : D1517029
×

Bahan baku merupakan bahan pokok yang harus ada di setiap perusahaan manufaktur. Tanpa adanya bahan baku perusahaan tidak bisa melakukan proses produksi karena bahan baku adalah bahan utama yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk. Untuk itu diperlukan pengadaan bahan baku yang baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur atau tata cara pengadaan bahan baku untuk proses produksi di PT. Natura Aromatik Nusantara Karanganyar. 
Pelaksanaan pengamatan ini, menggunakan jenis pengamatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan meliputi narasumber dan dokumen/arsip yang ada di perusahaan. Sedangkan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, perekaman dan mengkaji dokumen atau arsip.
Hasil pengamatan yang dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa prosedur pengadaan bahan baku produksi di PT. Natura Aromatik Nusantara Karanganyar menggunakan metode pengadaan langsung dan mempunyai tiga tahapan dalam proses pengadaan bahan baku, yaitu prosedur perencanaan permintaan pembelian bahan baku, prosedur pembelian baku dan prosedur penerimaan bahan baku. Dalam pelaksanaannya sudah dilakukan sesuai prosedur namun masih ada kendala yaitu Jarak pengiriman bahan baku yang cukup jauh dari tempat perusahaan dengan vendor/supplier. Selain itu keterbatasan jumlah vendor/supplier bahan baku yang masih sedikit. Sehingga dalam pencarian informasi tentang bahan baku menjadi kurang leluasa. 

Kata kunci : Prosedur, Pengadaan, Bahan baku Produksi

×
Penulis Utama : Feri Eka Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1517029
Tahun : 2020
Judul : Prosedur Pengadaan Bahan Baku Produksi Pada PT Natura Aromatik Nusantara di Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Prog. Diploma Manajemen Administrasi-D1517029-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Retno Suryawati, M. Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.