Penulis Utama : Lilik Mustakfiroh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Prarancangan pabrik formaldehid dari metanol dan udara dengan proses formox kapasitas 30.000 ton/tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik NIM.I0500026-2004
Subyek : RENCANA PABRIK
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Formaldehid banyak digunakan dalam industri kimia, baik secara langsung (penghambat korosi, electroplating, bahan pengawet, desinfektan, industri fotografi dan kosmetik) maupun sebagai bahan intermediat untuk sintesis bahan kimia lain, dan terutama untuk pembuatan resin (urea, melamin, phenol). Untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan adanya peluang ekspor yang masih terbuka, maka dirancang pabrik formaldehid proses formox kapasitas 30.000 ton / tahun dengan bahan baku metanol dan udara. Pabrik direncanakan berdiri di kawasan industri Bontang, Kalimantan Timur pada tahun 2011.

Pembuatan formaldehid proses formox merupakan reaksi oksidasi metanol pada fase gas dengan adanya katalis Iron Molybdenum Oxide dalam reaktor fixed bed multi tube, pada suhu operasi 300-400oC dan tekanan + 1,2 atm. Pada suhu ini juga terjadi reaksi samping menghasilkan asam formiat yang selanjutnya akan terurai menjadi gas CO dan H2O. Tahapan proses meliputi penyiapan bahan baku metanol dan udara, pembentukan formaldehid dalam reaktor, dan pemurnian produk. Pemurnian produk dilakukan melalui absorber dan ion exchanger.

Unit pendukung proses pabrik meliputi unit pengadaan air, steam, udara tekan, tenaga listrik, dan bahan bakar. Pabrik juga didukung laboratorium yang mengontrol mutu bahan baku dan produk serta bahan buangan pabrik.

Bentuk perusahaan yang dipilih adalah Perseroan Terbatas (PT), dengan struktur organisasi line and staff. Sistem kerja karyawan berdasarkan pembagian jam kerja yang terdiri dari karyawan shift dan non-shift.

Dari hasil analisis ekonomi diperoleh, ROI sebelum dan sesudah pajak sebesar 26,62 % dan 21,29 %, POT sebelum dan sesudah pajak selama 2,73 dan 3,2 tahun, BEP 41,83 %, dan SDP 13,41 %. Sedangkan DCF sebesar 24,83 %. Jadi dari segi ekonomi pabrik tersebut layak untuk didirikan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Ir. Samun Triyoko
2. Enny Kriswiyanti A., ST, MT
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik