Penulis Utama : Dita Anggara Kusuma
NIM / NIP : S931408002
×

Latar belakang: Giant Cell Tumor  (GCT) atau oesteoclastoma adalah tumor yang jinak namun agresif secara lokal. Tatalaksana GCT bervariasi mulai dari tindakan yang bersifat local sampai tindakan yang bersifat limb ablation. Penilaian luaran klinis dilakukan untuk mengetahui prognosis serta tindakan rehabilitasi pasien GCT post tindakan pembedahan.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analisis observasional dengan pendekatan cross sectional pada 41 pasien GCT regio lutut yang telah dilakukan limb salvage surgery. Pasien dilakukan pemeriksaan fisik untuk mengisi Skor MSTS (musculoskeletal tumor society score)  dan diminta mengisi kuisioner TESS (Toronto Extremity Salvage Score)  kemudian dilakukan uji korelasi data yang didapat.
Hasil: Penelitian ini menunjukkan adanya korelasi yang tidak signifikan antara Skor MSTS dan TESS. (p>0.05). Tindakan arthrodesis memiliki skor MSTS dan TESS yang paling rendah apabila dibandingkan dengan prosedur lain.
Kesimpulan: tidak ada korelasi yang signifikan antara luaran klinis subjektif dan objektif pada  pasien GCT regio lutut yang dilakukan tindakan limb salvage surgery. Terdapat hubungan yang signifikan antara prosedur tindakan dengan luaran klinis pasien GCT regio lutut.

Kata Kunci: Giant cell tumor, MSTS score, TESS score, luaran klinis, limb salvage suregery

 

×
Penulis Utama : Dita Anggara Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S931408002
Tahun : 2020
Judul : Korelasi Luaran Klinis Giant Cell Tumor Regio Lutut Dengan Tindakan Limb Salvage Surgery di Rumah Sakit Orthopaedi Prof. Dr. R. Soeharso
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : PPDS Orthopaedi
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi PPDS Orthopaedi dan Traumatologi - S931408002 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Pamudji Utomo, dr. Sp.OT (K)
2. dr. Mujaddid Idulhaq, Sp.OT (K), M.Kes
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.