Penulis Utama : Misbahuddin
NIM / NIP : S931408003
×

Latar Belakang:Tumor primer tulang sering terjadi pada regio lutut. Tumor primer pada regio lutut dapat dilakukan terapi dengan prosedur limb salvage dan memiliki tingkat keberhasilan fungsi yang baik. Pada penelitian ini menganalisa hasil fungsional untuk pasien yang telah dilakukan limb salvage dengan megaprosthesis pada regio lutut. Dengan menggunakan Musculoskeletal Tumour Society System (MSTS) untuk membandingkan hasil fungsional apakah ada perbedaan antara limb salvage dengan megaprosthesis pada distal femur dan proximal tibia.
Pasien dan Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analisis observasional dengan pendekatan cross sectional pada pasien tumor primer tulang pada regio lutut yang telah dilaukan limb salvage dengan megaprosthesis. Terdapat 11 pasien dengan tumor primer distal femur dan 6 pasien proximal tibia yang telah dilakukan limb salvage dengan megaprosthesis. Tumor primer tersebut adalah 5 pasien osteosarkoma, 12 pasien giant sel tumor dan dilakukan pemeriksaan untuk melengkapi MSTS score
Hasil : Setelah dilakukan pemeriksaan dengan MSTS skor, didapatkan hasil yang memuaskan pada pasien yang telah dilakukan limb salvage dengan megaprosthesis. Pada penelitian ini tidak didapatkan perbedaan signifikan secara fungsional dengan menggunakan MSTS skor pada pasien yang telah dilakukan limb salvage dengan megaprosthesis pada distal femur maupun proximal tibia (p >0.05).
Kesimpulan: Tidak ada perbedaan secara fungsional pada pasien yang telah dilakukan limb salvage dengan megaprosthesis pada distal femur maupun proximal tibia.

Kata Kunci: Tumor Primer Tulang, MSTS skor, limb salvage, megaprosthesis

 

×
Penulis Utama : Misbahuddin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S931408003
Tahun : 2020
Judul : Skor Fungsional pada Pasien Tumor Primer Tulang Regio Knee yang Dilakukan Limb Salvage dengan Megaprosthesis
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : PPDS Orthopaedi
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi PPDS Orthopaedi dan Traumatologi - S931408003 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Mujaddid Idulhaq, Sp. OT(K), MKes
2. Dr. Pamudji Utomo, dr. Sp.OT (K)
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.